Ombudsman Riau Beri "Rapor Merah" untuk Pelayanan Parkir Pekanbaru

Ombudsman Riau Beri
Ilustrasi/cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum lama ini meraih predikat pelayanan publik dengan kategori A zona hijau dari Ombudsman Riau. Pemko Pekanbaru meraih peringkat kedua dalam penilaian kepatuhan pelayanan publik tahun 2023 se-Provinsi Riau.

Namun prestasi membanggakan ini harus tercoreng dengan diberikannya "rapor merah" dalam hal pelayanan parkir untuk Kota Pekanbaru.

Kepala Ombudsman Wilayah Riau, Bambang Pratama mengatakan, kategori A zona hijau yang diperoleh Pemko Pekanbaru berdasarkan penilaian di beberapa OPD, di luar parkir.

"Pelayanan yang kita nilai adalah DPMPTSP, Disdukcapil, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan 2 Puskesmas yakni Puskesmas Tenayan Raya dan Puskesmas Simpang 3. Ini nilainya 91,9 nomor 2 tertinggi di Riau zona Hijau. Tapi itu di luar pelayanan parkir," ujar Bambang kepada CAKAPLAH.com, Jumat (5/1/2024).

Pelayanan parkir, kata Bambang tidak dinilai oleh Ombudsman. Mengingat banyak keluhan masyarakat yang akhirnya dijadikan kajian oleh pihaknya.

"Persoalan parkir kita melakukan kajian dan dalam Laporan Hasil Analisis (LHA) kajian kita menemukan potensi mal administrasi. Yang kemudian kita meminta Pemko untuk melakukan saran perbaikan terkait temuan yang didapat oleh tim Ombudsman," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ombudsman RI Perwakilan Riau menganugerahkan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik sepanjang tahun 2023.

Berikut ini nilai kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik sepanjang tahun 2023 Tingkat Kabupaten/Kota di se-Provinsi Riau

1. Kabupaten Bengkalis: Kategori A dengan nilai 95.91

2. Kota Pekanbaru: Kategori A dengan nilai 91.95

3. Kabupaten Kampar: Kategori A dengan nilai 90.33

4. Kota Dumai: Kategori A dengan nilai 88.83.

5. Kabupaten Siak: Kategori B dengan nilai 87.20

6. Kabupaten Rokan Hulu: Kategori B dengan nilai 86.26

7. Kabupaten Rokan Hilir: Kategori B dengan nilai 85.10

8. Kabupaten Pelalawan: Kategori B dengan nilai 83.95

9. Kabupaten Indragiri Hilir: Kategori B dengan nilai 83.01

10. Kabupaten Indragiri Hulu: Kategori B dengan nilai 82.00

11. Kabupaten Kuantan Singingi: Kategori B dengan nilai 81.38

12. Kabupaten Kepulauan Meranti: Kategori B dengan nilai 81.23

 

 

 

SUMBER: CAKAPLAH.COM

Berita Lainnya

Index