Pacu Jalur Kuansing Masuk 10 Top Kharisma Event Nusantara 2024

Pacu Jalur Kuansing Masuk 10 Top Kharisma Event Nusantara 2024
Foto: RIAUTERKINI.COM

RIAUREVIEW.COM ---Pacu Jalur merupakan sebuah event berusia lebih seabad. Pada tahun ini Pacu Jalur kembali lolos dalam Kharisma Event Nusantara 2024. 

Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Sabtu (27/1) malam. Festival Pacu Jalur terpilih sebagai TOP 10 dari 110 KEN 2024. 

"Tahun ini di KEN 2024 menetapkan 6 event dari Riau, yaitu Kenduri Riau, Festival Rupat, Riau Global Musik Festival, Festival Pacu Jalur, Bakar Tongkang, dan Festival siak Bermadah. Untuk Festival Pacu Jalur masuk Top 10 dalam KEN 2024. Kalau Kenduri Riau telah tiga tahun berturut-turut lolos KEN," ujarnya. 

Pacu Jalur tak semata soal adu cepat, adu ligat sampai ke garis finish. Helat ini adalah pesta olahraga sekaligus olah-jiwa. Di mana para pendayung memuliakan silaturahmi. Tak semata kompetisi. 

Pacu jalur merupakan tradisi yang sarat akan nilai sejarah. Jalur dalam bahasa daerah Kuantan Singingi (Kuansing) diartikan sebagai sampan atau perahu yang panjang. 

Pada tahun 2023 lalu, Pacu Jalur diikuti oleh 193 jalur. Saban bulan Agustus acara ini digelar di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuansing. 

Di setiap jalur yang ditumpangi ada tukang concang alias pemberi aba-aba, tukang pinggang atau juru mudi. Selain itu, ada pula tukang tari dan tukang onjay. 

Dikatakan Roni, pemerintah telah mengakui dan menetapkan Pacu Jalur sebagai bagian integral dari Warisan Budaya Nasional Takbenda asli Indonesia. Pemerintah juga menjadikan Pacu Jalur menjadi agenda pariwisata nasional KEN Kemenparekraf. 

"Sebagai upaya untuk melestarikan warisan budaya tersebut, pemerintah Indonesia mendukung Festival Pacu Jalur diadakan setiap tahun di Kuantan Singingi," ucapnya. 

Roni menuturkan, Festival Pacu Jalur mampu menyedot jutaan orang yang menyaksikan acara tersebut. Mereka berasal dari kalangan pedagang luar daerah, masyarakat Kuansing yang kembali dari perantauan, hingga wisatawan lokal dan mancanegara. 

"Tahun ini, Festival Pacu Jalur akan digelar pada 21-25 Agustus 2024 di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi," tandasnya.***

 

 

 

 

Sumber: riauterkini.com

Berita Lainnya

Index