Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Sudah Hadir di Empat Kampus Pekanbaru

Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Sudah Hadir di Empat Kampus Pekanbaru
Ilustrasi/net

RIAUREVIEW.COM --Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau melalui Unit Pelaksana Teknik (UPT) Samsat Pekanbaru menghadirkan program inovatif yang diberi nama Bayar Pajak Go To Kampus.

Program tersebut bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dan warga sekitar untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tanpa harus antre lama.

Kabid Pajak Daerah Bapenda Riau Muhammad Sayoga mengatakan hingga saat ini program Bayar Pajak Go To Kampus sudah diterapkan di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Jalan Tuanku Tambusai, Universitas Riau Jalan Pattimura, Universitas Islam Riau (UIR) di Jalan Kaharudin Nasution dan Universitas Tabrani Rab.

"Jadi program ini merupakan solusi tepat bagi mahasiswa yang memiliki KTP kabupaten/kota di Riau dan tidak perlu lagi balik ke kampung halamannya untuk membayar pajak kendaraan," kata Yoga, Sabtu (24/2/2024).

Lebih lanjut Yoga mengatakan, program ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dan warga dalam membayar pajak kendaraan tanpa harus antre lama.

"Selain itu, program ini juga membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak tepat waktu. Dengan hadirnya program ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak dan membantu meningkatkan pendapatan daerah," sebutnya.

Selain itu, kata Yoga, untuk memudahkan masyarakat, pihaknya saat ini sudah memiliki lima unit Samsat Drive Thru. Samsat Drive Thru adalah pelayanan membayar pajak kendaraan bermotor dengan tidak perlu turun dari kendaraan.

“Inovasi mengikut perkembangan teknologi itu adalah bagian dari kolaborasi Pemerintah Provinsi Riau, Polda Riau dan Jasaraharja. Kita saling saling bersinergi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk wajib pajak kendaraan bermotor supaya jauh lebih nyaman, cepat dan transparan,” ujarnya.

Menurutnya, pembayaran pajak melalui Samsat Drive Thru ini memerlukan waktu hanya sekitar lima menit. Dengan catatan, para wajib pajak telah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Adapun lokasi Samsat Drive Thru diantaranya di Jalan Gajahmada Pekanbaru.

"Samsat Drive Thru dilokasi ini juga sudah menjadi perintis penggunaan sistem QRIS. Kemudian juga ada Samsat Drive Thru di Jalan Sudirman, Pekanbaru, tepatnya di kantor Bapenda Riau," sebutnya.

Kemudian juga ada Samsat Drive Thru di Ujung Tanjung, Rokan Hilir. Samsat Drive Thru Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dan Samsat Drive Thru Tembilahan, Indragiri Hilir.

Selain kemudahan dalam membayar pajak, pihaknya juga menyediakan layanan pengecekan besaran pajak yang akan dibayar.

"Besaran biaya yang akan dibayarkan juga sudah bisa dilihat di aplikasi Samsat Online dan jika wajib pajak menginginkan jenis layanan online lainnya maka dapat mengakses Samsat Digital Nasional atau Signal yang memudahkan wajib pajak memenuhi kewajiban secara online. Sistem ini memakai aplikasi yang dapat diakses di google play store," tukasnya. 

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index