16 Ruas Jalan di Pekanbaru akan Dioverlay oleh Pemprov Riau

16 Ruas Jalan di Pekanbaru akan Dioverlay oleh Pemprov Riau
Foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Belasan ruas jalan di Kota Pekanbaru akan diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Riau. Hal itu seiring dengan banyak jalan di Kota Pekanbaru yang rusak dan merupakan kewenangan dari pemerintah provinsi.

Ada 16 ruas jalan di Kota Pekanbaru yang akan dilapis ulang (overlay) oleh Pemprov Riau tahun ini. Bahkan, jalan rusak akibat galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) juga akan diperbaiki.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, bahwa Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto telah meninjau kondisi jalan rusak di Kota Pekanbaru. Ia menyebut, salah satu program prioritas Pj Gubernur Riau adalah memperbaiki jalan rusak di Pekanbaru.

"Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto, berkesempatan meninjau kondisi jalan di Pekanbaru kemarin. Dari tiga program prioritas beliau, salah satunya melakukan perbaikan jalan di Pekanbaru," ujar Indra, Senin (4/3/2024).

Dikatakannya, Kota Pekanbaru merupakan wajah dari Provinsi Riau. Karena itu, 16 ruas jalan rusak di Pekanbaru akan diperbaiki Pemprov Riau.

Perbaikan jalan dilakukan dengan pola pemeliharaan berkala atau overlay. Ada juga perbaikan jalan dengan pola tambal sulam atau pemeliharaan fungsional.

"Kemarin, beliau meninjau Jalan Cut Nyak Dien. Jalan tersebut tidak ada lubang tapi aspal sudah kasar," katanya.

Kemudian peninjauan dilanjutkan ke Jalan Ahmad Yani seperti di depan SD Santa Maria dan simpang Jalan Pangeran Hidayat. Ada lubang yang cukup besar dan dalam di dua lokasi ini.

Menurutnya, lubang Jalan itu akan diperbaiki dengan pola overlay dan mainhole IPAL akan ditinggikan. Kemudian, peninjauan dilanjutkan ke Jalan Juanda yang rencananya juga akan diperbaiki.

"Di sana, ada juga mainhole IPAL. Badan Jalan Juanda akan ditinggikan 45 sentimeter. Terakhir, kami meninjau Jalan Cipta Karya. Jalan Cipta Karya akan dioverlay oleh pemprov Riau," sebutnya.

Indra menilai, proses perbaikan jalan dengan pola overlay tidak menjamin aspal bertahan lama. Karena, badan jalan sering terendam banjir.

"Karena itu, pj gubernur memerintahkan kepala Dinas PU Riau untuk memperbaiki drainase jalan yang akan dioverlay. Sebelumnya, kami sudah membuat surat kepada gubernur Riau agar membantu pemko Pekanbaru memperbaiki jalan yang rusak," pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index