Aksi Cinta Bumi, Kelompok Konservasi Mangrove Sei Haji Mayangsari dan EMP-PT ITA Tanam Ratusan Bibit

Aksi Cinta Bumi, Kelompok Konservasi Mangrove Sei Haji Mayangsari dan EMP-PT ITA Tanam Ratusan Bibit

MERANTI, RIAUREVIEW.COM--Sebagai wujud komitmen lingkungan kelompok Mangrove Sei Haji Desa Mayang Sari Kecamatan Merbau bekerjasama dengan EMP PT. ITA (Imbang Tata Alam) melaksanakan kegiatan "Aksi Cinta Bumi" dengan melakukan gerakan menanam  300 bibit Mangrove jenis bakau pada Hari Sabtu, 29 Maret 2024 sempena menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H / 2024 M berlokasi di Konservasi Mangrove Sei Haji desa Mayangsari.

 

 

Terlihat hadir dalam aksi cinta bumi kali ini Kepala Desa Mayang Sari, bapak Ibrahim beserta sejumlah staf, Ketua RW 01 setempat, bapak Edi Ahmad, Ketua BPD Mayang Sari, Field GPA Officer PT. ITA, Bapak Iswardi beserta stafnya Bapak Wan Zulfan, Ketua beserta sejumlah pengurus Kelompok Konservasi Mangrove Sungai Merambai Teluk Belitung, Konservasi Mangrove Imbang Mandiri Kecamatan Merbau, Mahasiswa Politeknik AUP Jakarta, Bapak Helmi Candra, puluhan pelajar dan ibu-ibu penggiat penanaman bibit mangrove Desa Mayangsari lainnya.

Hendri Ketua Kelompok Konservasi  Mangrove Sei Haji menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas support dari PT ITA sehingga kelompok Mangrove sungai haji bisa berkembang serta mampu membuat pusat pembibitan mangrove dengan kapasitas ditanam sebanyak 10.000 per enam bulan.

"Semangat pembibitan ini kita lakukan berkat support PT. ITA, Pemerintah Desa Mayangsari dan pihak lainnya, yang mana secara teknis kita turut bersinergi dengan melibatkan langsung masyarakat sekitar dalam pembibitannya. Sehingga momentum sambut Ramadhan tahun ini kelompok kami sudah mampu melakukan lagi penanaman sebanyak 300 bibit," ucap pria yang akrab disapa Awang itu.

Dibeberkannya, bahwa total realisasi penanaman mangrove dari tahun 2023 sampai tahun 2024 sebanyak 1.200 bibit mangrove dengan jenis Bakau dan tumu, dimana penanaman pertama di bantu 200 bibit dari PT. ITA, selanjutnya kami disupport PT. ITA untuk pembibitan sendiri, dan Alhamdulillah saat ini sudah menambah penanaman mengrove sebanyak 1.000 bibit dari kebun bibit kelompok Mangrove sei Haji.

 

 

Senada dengan hal tersebut  Ibrahim Kades Mayangsari mengucapkan terima kasih kepada PT. ITA atas support dan inisiasi selama ini ke Kelompok Mangrove Mayangsari, beliau berharap kegiatan seperti ini akan berkelanjutan.

Field GPA Officer PT ITA  Iswardi Mengucapakan terima Kepada kepala desa Mayangsari dan Ketua Kelompok Mangrove sei Haji yg telah mendukung Program Pelestarian Lingkungan di wilayah Ring 1 PT. ITA semoga kedepan nya lebih besinergi lagi.

Sementara Bonar Ari Nindito  Area Manager PT ITA menyampaikan apresiasi kepada kelompok Konservasi  Mangrove Sei Haji Desa Mayang Sari sebagai salah satu kelompok binaan PT ITA yang dinilai sudah mampu melakukan pembibitan sendiri sehingga dalam penanaman saat ini bibitnya diambil dari bibit kelompok sendiri.

"Selain itu kelompok Mangrove Sei Haji Desa Mayang Sari ini sudah mampu meningkatkan kegiatan ekonomi bagi  masyarakat setempat ungkapnya.

Selain itu Bonar menambahkan bahwa PT ITA tidak hanya memikirkan bisnis saja tetapi juga peduli terhadap keseimbangan lingkungan sebagai upaya bersama untuk memperkuat keberadaan hutan mangrove demi membantu menstabilkan ekosistem dan mencegah erosi atau abrasi yang memiliki peran penting bagi keberlangsungan ekosistem kedepan.

 

 

Kegiatan penanaman mangrove ini di tutup dengan do'a dan makan bersama dalam rangka menyambut puasa Ramadhan 1445 H. (Sp)

Berita Lainnya

Index