Kelaparan Parah, Bocah Gaza Yazan Kafarneh Wafat dengan Tengkorak Wajah Terlihat

Kelaparan Parah, Bocah Gaza Yazan Kafarneh Wafat dengan Tengkorak Wajah Terlihat
Foto kondisinya telah menyayat hati masyarakat internasional. (Reuters via Sindonews.com)

GAZA,RIAUREVIEW.COM --Setelah berjuang hidup dalam kelaparan parah, Yazan Kafarneh, bocah di Jalur Gaza, Palestina, akhirnya wafat. Bocah berusia 10 tahun wafat dengan kondisi memilukan, tengkorak di bawah wajahnya yang pucat terlihat jelas.

Dikutip dari Sindonews.com, foto-fotonya yang menyayat hati diterbitkan surat kabar New York Times pada Sabtu (9/3/2024). Dalam sekejap foto-fotonya menyebar di berbagai media sosial.

Yazan Kafarneh dan banyak bocah Gaza lainnya menderita kelaparan parah setelah Israel mencegah masuk bantuan kemanusiaan sejak militer Zionis berperang dengan Hamas. Bantuan baru diizinkan masuk beberapa pekan terakhir setelah tekanan kuat dunia internasional.

Foto dan artikel tentang kondisi kelaparan Kafarneh diterbitkan setelah media Amerika Serikat (AS) tersebut dikritik lantaran mengakui bahwa sebuah artikel yang menirukan propaganda kekejaman Israel mengenai pemerkosaan massal oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober 2023 tidak memiliki cukup bukti.

Kini, surat kabar tersebut juga mengakui penggunaan metode kelaparan massal oleh Israel terhadap penduduk Gaza dalam perang.

“Sangat mudah untuk menelusuri tengkorak di bawah wajah anak laki-laki Gaza,” bunyi artikel tersebut dimulai, ditulis dengan bantuan Bilal Shbair, warga Gaza yang bekerja sama dengan surat kabar tersebut selama beberapa hari terakhir setelah berbulan-bulan mendapat kritik atas liputannya.

“Dalam salah satu rangkaian foto berita tentang anak laki-laki tersebut, Yazan Kafarneh, yang diambil atas izin keluarganya saat dia berjuang untuk hidupnya, matanya yang berbulu mata panjang menatap ke luar, tidak fokus,” lanjut artikel tersebut.

“Pada hari Senin, Yazan sudah meninggal.”

“Foto-foto Yazan yang beredar di media sosial dengan cepat membuatnya menghadapi kelaparan di Gaza,” imbuh New York Times, mengakui sebuah fenomena yang secara bertahap memaksa media-media besar untuk menanggapi ketidakmampuan pemberitaan mereka.

Dinamika serupa terjadi ketika tentara aktif AS Aaron Bushnell melakukan aksi bakar diri di depan Kedutaan Israel di Washington bulan lalu dalam sebuah aksi protes politik yang dramatis.

Video kejadian mengejutkan tersebut menjadi viral, memaksa media arus utama untuk mengangkat berita tersebut meskipun protes serupa tahun lalu di Atlanta hanya mendapat sedikit perhatian.

Stasiun penyiaran milik negara AS, NPR, menghabiskan waktu lebih dari satu menit untuk meliput insiden tersebut sebelum beralih ke diskusi umum mengenai protes politik yang dilakukan oleh para veteran AS, dengan menyebut hobgoblin liberal dalam kerusuhan 6 Januari dan mengklarifikasi “negara Yahudi…mengeklaim membela diri.”

Berdasarkan perkiraan terbaru, hanya kurang dari 31.000 nyawa warga Palestina yang hilang di tengah “pertahanan diri” Israel.

Setidaknya 300.000 orang berisiko meninggal dalam beberapa hari, seperti yang dialami Yazan. Pengetahuan luas mengenai hal ini juga dimungkinkan berkat keberadaan Internet.

Pada tahun 1977, jurnalis Carl Bernstein mengejutkan dunia dengan terungkapnya upaya besar-besaran yang dilakukan Badan Intelijen Pusat (CIA) AS untuk membentuk jurnalisme di Amerika Serikat. Lebih dari 400 wartawan secara diam-diam telah bekerja dengan badan tersebut, menurut Bernstein, sebagai bagian dari upaya untuk menjamin kerja sama dengan “media berita paling kuat di Amerika.”

Para kepala eksekutif di surat kabar seperti Miami Herald, outlet penyiaran seperti CBS dan ABC, dan layanan kabel seperti AP, UPI, dan Scripps?Howard semuanya memberikan dukungan mereka.

"Sejauh ini, asosiasi yang paling berharga, menurut pejabat CIA, adalah The New York Times, CBS, dan Time Inc,” tulis Bernstein.

Upaya tersebut merupakan bagian dari program yang dikenal sebagai Operasi Mockingbird. Sekutu AS memimpin upaya mereka sendiri untuk membengkokkan media global sesuai keinginan mereka.

Mungkin salah satu masalah paling signifikan baru terungkap pada tahun 2020, ketika dokumen yang tidak diklasifikasikan mengungkapkan bahwa selama beberapa dekade Reuters didanai oleh unit propaganda anti-Soviet yang terkait dengan intelijen Inggris.

Keberadaan media sosial membuat berita-berita tertentu semakin sulit untuk diabaikan, seiring dengan upaya negara-negara Barat untuk membentuk opini publik di sana.

Ketika semuanya gagal, instrumen tindakan legislatif yang blakblakan tetap menjadi pilihan terakhir.

Sejauh mana infiltrasi badan intelijen terhadap media masih belum diketahui. Namun tidak seperti Uni Soviet, Amerika Serikat tidak melakukan upaya untuk menantang sistem ekonomi dan sosial yang berlaku.*

 

 

Sumber: Sindonews.comsional. (Reuters via Sindonews.com)

Berita Lainnya

Index