Pemko Pekanbaru Gandeng TNI Benahi Kawasan Kumuh Tahun Ini

Pemko Pekanbaru Gandeng TNI Benahi Kawasan Kumuh Tahun Ini
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution/foto: riauaktual.com

RIAUREVIEWH.COM --Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menggandeng TNI untuk membenahi kawasan kumuh pada tahun ini. Keterlibatan TNI ini disesuaikan dengan agenda TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). 

"Tahun ini, kami bersama Kodim 0301 akan mengentaskan kawasan kumuh di satu kelurahan. Anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK)," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Sabtu (27/4/2024). 

Ia menuturkan, pelibatan Kodim 0301 karena berkaitan dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Di Pekanbaru, sasaran TMMD paling tepat itu adalah kawasan kumuh.

"Lebih dari 260 Hektare kawasan kumuh di Pekanbaru. Kawasan kumuh ini mesti kami selesaikan secara bertahap," terang Indra Pomi.

Kepala Dinas Perkim Kota Pekanbaru Mardiansyah menambahkan, pihaknya telah merencanakan pengentasan kawasan kumuh tahun ini. Anggaran pembenahan kawasan kumuh ini menggunakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pengentasan kawan kumuh ini berlokasi di Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai. Anggaran pengentasan kawasan kumuh sebesar Rp4,3 miliar.

Sementara, rencana luas lahan yang akan dibenahi 2,27 Hektare. Pekerjaan akan dimulai pada bulan Mei 2024 ini. 

"Kelurahan Meranti Pandak akan kami jadikan kampung tradisional," pungkasnya.

 

 

 

Sumber: riauaktual.com

Berita Lainnya

Index