Diikuti 30 Anggota Panwascam, Bawaslu Bengkalis Evaluasi Kinerja

Diikuti 30 Anggota Panwascam, Bawaslu Bengkalis Evaluasi Kinerja
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis menggelar kegiatan evaluasi kinerja, Ahad (28/4/2024).(sukardi)

BENGKALIS,RIAUREVIEW.COM—Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis menggelar kegiatan evaluasi kinerja, Ahad (28/4/2024). Evaluasi kinerja tersebut diikuti sekitar 30 anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bengkalis.

Evaluasi kinerja ini dilakukan bagi menyaring keterpenuhan syarat bagi calon pengawas pemilu yang dapat dipilih kembali sebagai Panwaslu kecamatan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dalam hal ini, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis November tahun 2024 mendatang.

“Berdasarkan pengumuman yang kita sampaikan terdapat 30 peserta yang merupakan anggota Panwaslu Kecamatan Existing yang telah mengajukan diri serta mengantar berkas yang kemudian diverifikasi oleh Pokja. Mereka yang dinyatakan memenuhi syarat selanjutnya berhak untuk mengikuti penilaian evaluasi kinerja yang hari ini kita lakukan,” ujar Andi Setiawan, Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkalis yang juga Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan, Ahad (28/04/2024) di sela-sela proses penilaian evaluasi yang dilakukan.

Sebanyak 30 peserta anggota Panwaslu Kecamatan Existing yang mengikuti proses penilaian evaluasi ini, sebelumnya merupakan anggota Panwaslu kecamatan di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Menurutnya, dari total keseluruhan Panwaslu kecamatan sebelumnya (yakni 33 orang), terdapat 3 orang yang tidak mengajukan permohonan untuk mengikuti penilaian evaluasi kinerja yang dilakukan, yakni masing-masing dari Kecamatan Mandau, Rupat Utara dan Talang Muandau. Hal ini disebabkan karena yang bersangkutan ada yang telah lulus sebagai ASN melalui jalur PPPK dan disebabkan faktor lain.

Sebagaimana diketahui, selain Bawaslu Kabupaten Bengkalis akan melakukan proses penilaian evaluasi kinerja terhadap anggota Panwaslu kecamatan yang sebelumnya bertugas pada Pemilu 2024, kesempatan merekrut anggota pengawas pemilu yang baru untuk Pilkada Serentak 2024.

Hal ini dilakukan juga menyikapi adanya upaya memenuhi kuota sesuai kebutuhan, bagi pendaftar baru pengumuman penerimaan pendaftaran secara resmi akan diumumkan nantinya melalui website Bawaslu Kabupaten Bengkalis atau dapat datang lansgsung ke Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkalis di Jl. Antara, Kota Bengkalis.

“Proses rekrutmen bagi pendaftar baru mulai dari penerimaan, penelitian dan verifikasi berkas administrasi calon sampai dengan pengumuman nama-nama terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 5 s.d 23 Mei 2024,” imbuh Andi Setiawan.(ra)

 

Berita Lainnya

Index