Listrik Padam, Aktivitas Pelaku Usaha Lumpuh, Macet di Mana-mana

Listrik Padam, Aktivitas Pelaku Usaha Lumpuh, Macet di Mana-mana
Macet di persimpangan Jl,. Soekarno-Hatta Jl. HR Soebrantas karena trafiic light mati akibat listrik padam/foto: cakaplah.com.

RIAUREVIEW.COM --Pemadaman listrik di Kota Pekanbaru dikeluhkan masyarakat, terutama pelaku usaha. Pasalnya, pemadaman yang dilakukan membuat sejumlah pelaku usaha tidak bisa menjalankan bisnis.

Apalagi pelaku usaha yang bergantung pada listrik. Akibatnya, pekerjaan mereka pun terhenti saat listrik mati.

Hal itu dialami oleh Dodi, pemilik usaha photocopy di Jalan Pepaya. Ia mengaku sempat terhenti bekerja lantaran listrik mati. Ia bahkan tak bisa menjalankan usahanya ketika listrik padam. Pasalnya, semua pekerjaan yang ia lakukan bergantung pada listrik.

"Jika listrik mati ya kita nggak bisa kerja. Komputer nggak nyala, mesin nggak nyala, mau cetak orderan pun tak bisa," ungkap Dodi, Rabu (5/6/2024).

Hal serupa juga dirasakan oleh Dodos Sandoro, yang membuka usaha cetak undangan dan buku Yasin di Jalan Ahmad Dahlan. Ia mengaku, pekerjaan yang ia lakukan sangat tergantung pada listrik.

"Kalau nggak ada listrik yang nggak kerja lah. Karena mau pakai apa kerja kalau komputer nggak hidup. Kita butuh design dan lain-lain," kata Dodos.

Tapi, kalau matinya di luar jam kerja atau jam produktif kata Dodos, hanya berdampak pribadi saja, tidak berdampak pada pekerjaan.

"Kalau dah mati lampu pas jam kerja, ya rugilah. Apalagi mereka yang punya banyak karyawan pasti rugilah. Orderan kita bisa tertunda, molor lah jadinya. Tapi kalau di luar jam kerja ya paling ke kita sendiri dampaknya, mungkin peralatan elektronik kita seperti kulkas dan kebutuhan lainnya mungkin akan terganggu," pungkasnya.

Selain berdampak pada pekerjaan dan pelaku usaha, pemadaman listrik yang terjadi di Pekanbaru juga berdampak pada arus lalu lintas. Sejumlah titik di persimpangan yang ada APILL mengalami kemacetan.

Seperti di Simpang Empat Mal SKA, yang mengalami kemacetan pada Rabu sore. Sejumlah kendaraan terjebak macet akibat lampu APILL mati, sementara petugas tidak ada yang mengatur.**

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index