Total Hewan Korban Pemko Pekanbaru Tembus 34 Ekor Sapi

Total Hewan Korban Pemko Pekanbaru Tembus 34 Ekor Sapi
Ilustrasi/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Total hewan kurban ASN Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terkumpul sebanyak 34 ekor sapi. Jumlah itu termasuk Penjabat Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, yang ikut berkurban dengan satu ekor sapi.

Plh Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Pekanbaru, Dedi Damhudi mengatakan, hingga H-1 Iduladha, hewan kurban Pemko terkumpul 34 ekor sapi. Ia menyebut, pada Ahad (16/6/2024) ini ada 2 hewan korban lagi yang masuk ke Pemko Pekanbaru.

"Alhamdulillah hari ini ada tambahan 2 ekor lagi, jadi total 34 ekor sapi yang akan dikurbankan," ucap Dedi, Ahad (16/6/2024).

Ia menyebut, 34 ekor hewan kurban yang terkumpul itu berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Pekanbaru. Dari puluhan OPD itu, Disdik menyumbang hewan kurban terbanyak dengan total 9 ekor sapi.

Kemudian Bapenda menyumbang 5 ekor, Dishub 5 ekor, dan masing-masing OPD lainnya menyumbang 1 ekor sapi. Termasuk Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, ikut berkurban 1 ekor sapi dan Sekda Indra Pomi Nasution, 1 ekor sapi.

Nantinya, terang dia, hewan kurban yang terkumpul akan disembelih di beberapa tempat. Untuk Pemko Pekanbaru penyembelihan dipusatkan di komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Rumah Potong Hewan (RPH).

"Untuk simbolis ada dua ekor yang akan dipotong di Kompleks MPP. Kemudian di kantor Dinas Pendidikan ada 4 ekor, kantor Bapenda 4 ekor dan di kantor Dishub 5 ekor. Sisanya nanti dipotong di RPH," ungkapnya.

Dijelaskannya, pemotongan hewan kurban di RPH bertujuan agar daging yang dipotong higienis. Makanya, pemotongan hewan kurban hanya dua ekor sebagai simbolis di MPP.

Khusus pemotongan hewan kurban di Sekretariat Pemko Pekanbaru yakni MPP dan RPH, akan dilakukan pemotongan pada hari Selasa (18/6/2024) lusa. Sementara untuk Senin (17/6/2024) besok hanya penyerahan hewan kurban secara simbolis oleh Pj Walikota Pekanbaru kepada panitia kurban.

"Jadi pemotongannya yang untuk Pemko Pekanbaru dilakukan pada hari Selasa. Karena besok Pj Walikota setelah Salat Ied hanya menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada panitia kurban. Selanjutnya Pj Walikota mengundang untuk buka puasa bersama di Rumah Dinas," sebutnya.

Sementara untuk daging kurban, jelas Dedi, nantinya akan dibagikan kepada Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemko Pekanbaru dan ASN sebagai peserta kurban.

"Ada 1.650 kupon yang sudah kita siapkan dan sudah kita bagi di masing-masing OPD. Jadi pengambilannya di RPH akan diambil oleh masing-masing perwakilan OPD," pungkasnya.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index