Pj Gubri Bantu Pembangunan Rumah Suluk Senilai Rp3,5 Miliar

Pj Gubri Bantu Pembangunan Rumah Suluk Senilai Rp3,5 Miliar
Pj Gubri SF Hariyanto bersama rombongan Bupati Rohul disambut langsung Pimpinan Surau Suluk/foto: cakaplah.com

RIAUREVIEW.COM --Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto menghadiri Haul Syekh Maksum Tambusai ke-65 di Munosah Godang Kuala Tambusai, Desa Sungai Kumango, Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (18/6/2024).

Kedatangan Pj Gubri SF Hariyanto bersama rombongan Bupati Rohul disambut langsung Pimpinan Surau Suluk, Khalifah Khoirul Saleh serta ratusan masyarakat dan santri yang mengiringi kedatangan orang nomor satu di Riau itu dengan marhaban serta shalawat.

Kepala Desa Sungai Kumango Ali Usin Hasibuan dalam kesempatan itu menyampaikan beberapa aspirasi langsung kepada Pj Gubernur Riau. Salah satunya perbaikan rumah suluk. Mengingat kondisi tempat suluk saat ini hanya terbuat dari papan dan sudah lama.

"Kami mohon pak Gubernur membantu rumah suluk, baik untuk suluk laki-laki dan perempuan yang membutuhkan perbaikan. Karena Gubernur sebelumnya sudah pernah janji saat kunjungan ke sini, namun Alhamdulillah belum terealisasi," kata Ali Usin.

Menindaklanjuti aspirasi itu, Pj Gubri langsung menyanggupi permintaan perbaikan tempat (rumah) suluk jemaah Naqsabandiyah. Tak hanya diperbaiki, tapi Pj Gubri akan membantu pembangunan tempat suluk tersebut.

"Terkait permintaan paka Kades tadi, nanti untuk pembangunan tempat suluk perempuan kita masukan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2024. Sedangkan untuk tempat suluk laki-laki di APBD murni 2025 sebesar Rp3 miliar," kata Pj Gubri.

Sebab menurut Pj Gubri untuk tempat suluk laki-laki pembangunannya tidak bisa dilakukan hanya dua bulan, sementara APBD perubahan itu terbatas.

"Kalau di perubahan tak selesai nanti bisa kena denda. InsyaAllah saya pastikan untuk pembangunan dua tempat suluk ini kita bantu masukan di APBD perubahan 2024 dan APBD 2025," sebutnya.

Pj Gubri menyampaikan, untuk rencana pembangunan tempat sulik itu hari ini juga ia akan memanggil Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Riau membahasnya, agar bisa dimasukan di APBD perubahan dan APBD 2025.

"Hari ini juga saya panggil Bappeda agar dimasukan. Kalau sudah masuk nanti ketuk palu sah itu. Makanya kita minta pak Saparuddin Poto (Wakil Ketua DPRD Riau) untuk mengawalnya," sebutnya.

Selain bantuan tersebut, Pj Gubri memberi bantuan uang sebesar Rp50 juta dari kantor pribadi untuk transportasi jemaah suluk yang akan melaksanakan jiarah kubur di Basilam, Sumatera Utara. Bantuan tersebut diberika karena ada aspirasi dari jemaah yang disampaikan oleh kepala desa.

"Untuk permintaan jemaah yang ingin jiarah ke Basilam Langkat, dari saya bantu Rp50 juta," ucap Pj Gubri disambut tepuk tangan jemaah.**

 

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index