Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkard

Pelebaran Jalan SSK, Pagar Mesjid Annur dan Tiang Listrik di Median Sudah Dibongkard
Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru/foto: riauterkini.com

RIAUREVIEW.COM --Pelebaran Jalan Sultan Syarif Kasim Pekanbaru terus dikebut. Kondisi terkini tiang listrik dan tanaman di median jalan sudah dibongkar. 

Kemudian tampak di lokasi pekerja sudah mulai membangun pagar baru mesjid Annur. Sementara pagar lama yang dulunya menjadi pembatas antara kawasan mesjid dan jalan SSK sudah selesai dilakukan pembongkaran pekan lalu. 

"Sudah dibongkar (pagar lama). Sekarang sedangkan membangun pagar baru," kata kepalan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, melalui Kabid Cipta Karya, Thomas Larfo Dimiera, Sabtu (22/6/24). 

Menurut Thomas, pembangunan pagar baru Mesjid Anur ini mengambil sisi bagian dalam kawasan mesjid. Jarak dengan pagar lama yang sudah dibongkar berkisar lima sampai enam meter. 

Dibagian ini nantinya dibangun pedestrian untuk pejalan kaki sekaligus untuk mempecantik kawasan jalan SSK yang akan segera diperlebar. 

"Nanti di pedestrian jalan kita buatkan kursi, lampu. Seperti di Jalan Sudirman. Lebar pedestrian lima meter. Kita harap dengan kondisi ini nantinya selain memperindah masyarakat juga semakin di nyaman," papar Thomas. 

Terkait pembagunan pagar baru, pihak Cipta Karya (CK) berharap bisa secepat mungkin diselesaikan termasuk pedestrian. Dengan begitu, rencana pelebaran jalan SSK pun bisa dilakukan. 

"Kalau yang pekerjaan yang menjadi tanggung jawab CK pagar Annur, pedestrian. Kalau pelebaran jalan dan pembongkaran median jalan pekerjaannya dilaksanakan oleh Bina Marga," ujar Thomas. 

Sementara Kabid Bina Marga Dinas PUPRPKPP, Teja Dasra mengatakan soal pembongkaran median jalan akan dilakukan secepatnya. Hal ini seiring telah dilakukannya pembongkaran tiang listrik dan tanaman di median jalan tersebut. 

"Secepatnya," ungkap Teja. 

Ada pun untuk pelabaran dan pengasapalan jalan, Teja memastikan jika semua tahapan sudah tuntas pihaknya akan langsung memulai proses pelebaran dan pengaspalan. 

"Pekerjaannya pasti bertahap. Karena nanti ada pengerasan dengan material base terlebih dahulu. Saat ini tahapan-tahapan sedang dikerjakan. 

Sebagai informasi tambahan, Jalan SSK tepatnya di sebelah Mesjid Raya Annur akan diperlebar hingga 24 meter. Nantinya, konsep pelebaran jalan tanpa median ini mirip seperti Jalan Gajah Mada. 

Jalan SSK ini nantinya juga bisa diperuntukan untuk berbagai kegiatan umum dan pemerintah yang selama ini acap digelar di Jalan Gajah Mada. Jalan SSK saat difungsikan setelah pelebaran nanti tetap menjadi satu arah seperti saat ini. **

 

 

 

Sumber: riauterkini.com

Berita Lainnya

Index