Polda Riau Gelar Bakti Kesehatan, Ini 14 Layanan yang Disediakan untuk Masyarakat

Polda Riau Gelar Bakti Kesehatan, Ini 14 Layanan yang Disediakan untuk Masyarakat
Kapolda Riau Irjen M. Iqbal bersama Ketua Bhayangkari Riau Ny Nindya M Iqbal pada momen kegiatan bakti kesehatan di Hari Bhayangkara ke-78, Rabu (26/6/2024). (Foto: Klikmx.com/ist).

RIAUREVIEW.COM --Polda Riau menggelar bakti kesehatan massal dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, di Gelanggang Olahraga Remaja, Rabu (26/6/2024).

Panitia mengklaim, sekitar ribuan masyarakat dan pejabat termuka menghadiri kegiatan tersebut.

Ada 14 layanan kesehatan yang disediakan panitia untuk masyarakat, di antaranya layanan disabilitas, spesialis anak dan penanganan stunting.

Kemudian, layanan spesialis kulit, penyakit dalam, spesialis bedah, spesialis syaraf, bedah umum dan poli gigi.

Seterusnya, pelayanan KB, fisioterapi, spesialis ortopedi, donor darah serta khitan massal.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan acara ini. Alhamdulillah, acara ini ramai dan semua bahu-membahu berorientasi kepada kepentingan masyarakat,” ungkap Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, saat membuka kegiatan tersebut.

Kegiatan ini, jelas Iqbal, merupakan peran Kepolisian di samping melakukan penegakan hukum.

“Hari ini kita menunjukkan bahwa polisi bukan saja menangkap maling atau melakukan penegakan hukum. Kita hadir sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, memberikan hal-hal yang bermanfaat melalui bakti kesehatan,” terang Iqbal.

Pada kegiatan ini, Kapolda juga memberi piagam penghargaan kepada rumah sakit dan lembaga kesehatan yang turut berpartisipasi, di antaranya RS Bhayangkara, RS Tentara, RS AU Dr Sukirman, RS Awal Bros, RS Prima, RS Eye Center Pekanbaru, RS Ibnu Sina, RS Syarira, RS Santa Maria, RS Daerah Madani, RS Aulia, RS Eka Hospital, BKKBN Provinsi Riau, PMI Pekanbaru, Laboratorium Pramita dan Yayasan Budha Suci Pekanbaru.

Pada kesempatannya, Ketua Bhayangkari Polda Riau, Ny Nindya M Iqbal, juga turut memberikan bantuan berupa dua unit kursi roda dan dua unit kaki palsu serta bingkisan kepada peserta sunat massal dan anak-anak penderita stunting.

“Saya berjanji pelayanan kesehatan ini tidak akan berhenti hanya pada acara ini. Sudah menjadi komitmen kita untuk menindak lanjuti dan merujuk ke rumah sakit mitra, jika ada hal-hal yang perlu ditangani lebih lanjut,” ucap Iqbal berjanji.

Dalam kesempatannya, Kabid Dokkes Polda Riau, Kombes Pol dr Wahono Edhi Prastowo sebagai Ketua Panitia Pelaksanan menyampaikan, bahwa semua fasilitas kesehatan yang disediakan gratis.

“Hari ini adalah rangkaian Hari Bhayangkara yang ke-78. Polda Riau melaksanakan bakti kesehatan serentak dengan Mabes Polri,” ujar dr Wahono.

Wahono merincikan layanan kesehatan yang disediakan beserta targetnya, yakni pengobatan umum dan spesialis terhadap 1.500 pasien.

Kemudian, 1.000 kantong untuk kegiatan donor darah, khitanan terhadap 150 anak. Selanjutnya, penanganan stunting untuk 50 orang.

Lalu, layangan disabilitas untuk 678 orang, operasi katarak untuk 50 orang, operasi bibir sumbing untuk 50 orang, tato removal untuk 20 orang, terakhir pelayanan KB untuk 50 orang.

“Alhamdulillah, hari ini berjalan lancar dan melebihi target yang telah ditetapkan. Pelayanan akan terus berlangsung hingga selesai,'' ungkap Wahono.

Kegiatan bakti kesehatan ini mencerminkan upaya Polri untuk lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan pelayanan yang bermanfaat langsung bagi warga, sekaligus memperingati Hari Bhayangkara dengan cara yang bermakna dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

“Cerminan upaya Polri untuk lebih dekat dengan masyarakat kita telah siapkan untuk seluruh peserta akan mendapatkan sembako yang telah kita siapkan,'' pungkasnya.

Tampak hadir pada kegiatan itu, Wakapolda Riau Brigjen K Rahmadi, Irwasda Kombes Hermansyah, Perwakilan Danlanud RSN, Wakajati Riau Rini Hartatie SH MH, Ketua PP Polda Riau KBP (Purn) Drs Fachruddin Bakar, Ketua KBPP Polri, Perwakilan Ketua FKUB Provinsi Riau, Ketua KNPI Provinsi Riau, Pj Gubernur yang diwakili Kadis Kesehatan serta para pejabat utama Polda Riau. **

 

 

 

Sumber: klikmx.com

Berita Lainnya

Index