Dialog Publik KSPSI Riau dan UNILAK: Membuka Kesempatan Sarjana bagi Pekerja dan Buruh

Dialog Publik KSPSI Riau dan UNILAK: Membuka Kesempatan Sarjana bagi Pekerja dan Buruh

Pekanbaru (RiauReview.com)- Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Provinsi Riau dan Universitas Lancang Kuning sukses menggelar acara dialog publik sosialisasi Program RPL Type A di gedung pustaka Universitas Lancang Kuning sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama program tersebut dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat dan calon peserta pendidikan Program Kuliah RPL Type A.

Diketahui sebelumnya, Universitas Lancang Kuning (Unilak) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Provinsi Riau telah menjalin kerjasama untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Type A.

Acara Dialog Publik yang dilaksanakan di Gedung Pustaka Unilak pada hari Rabu (17/7/2024) dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Rektor Unilak, Prof. Dr. Junaidi, S.S.,M.Hum.,Ph.D, Wakil Rektor, Ketua Prodi, Forkopimda, Disperindag, Dishub, Dinas PUPR-PKPP, Distan, Disbun, Disnakertrans, Dinas Pertambangan ESDM, Dinas LHK, Pimpinan Daerah FSP PPMI-SPSI Riau, Kadin, Apindo, Gapki, REI, LAM, BPJS Tenaga Kerja Wilayah Riau, Kepri dan Sumbar, BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepri dan Sumbar, Kabiro Kesra Pemprov Riau, unsur dari Polri yang diwakili Dir Intelkam Polda Riau dan dari TNI.

Dukungan Penuh dari Semua Pihak

Semua pihak yang hadir memberikan dukungan penuh terhadap program RPL ini. Rektor Unilak, Prof. Dr. Junaidi menegaskan bahwa program ini terbuka untuk Tenaga Kerja, Buruh, Karyawan yang direkomendasikan oleh SPSI Riau.

"Terima kasih atas dukungan kita semua untuk menjalankan program RPL ini dengan penuh keyakinan. Semua pihak berhak mendapatkan gelar Sarjana melalui program ini, berlaku untuk semua pihak," ucap Rektor Unilak.

Kepala Biro Kesra Pemprov Riau, Dr. Imron Rosyadi, ST.,MH juga menyampaikan dukungannya dan memastikan Pemprov Riau akan menganggarkan biaya melalui Bea Siswa kepada peserta RPL.

"Pemprov Riau sangat mendukung kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Seperti kita ketahui bersama, Pekerja Buruh dan Karyawan tidak bisa mengenyam Pendidikan S1, S2 karena faktor ekonomi yang tidak mampu membiayai kuliah," kata Imron.

Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja dan Menyongsong MEA 2025

Ketua SPSI Riau, Nursal Tanjung, dalam sambutannya menyampaikan bahwa program RPL ini diharapkan dapat mengisi pembangunan Riau dengan Tenaga Kerja yang sudah Sarjana S1 dan S2, sehingga siap menyambut ERA MEA 2025.

"Secara letak strategis Geografis Provinsi Riau merupakan salah satu Provinsi terdekat dengan Negara tetangga Asean. Tetap semangat, semoga program RPL Type A bisa bermanfaat bagi pekerja Buruh dan Karyawan Perusahaan serta Pemerintah menuju Masyarakat sejahtera," Pungkas Nursal Tanjung.

Berita Lainnya

Index