Jelang Pilkada, Ditlantas Polda Riau Gelar Operasi Rutin

Jelang Pilkada, Ditlantas Polda Riau Gelar Operasi Rutin

RIAUREVIEW.COM --Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, terus mengoptimalkan kegiatan sosialisasi keselamatan berlalu lintas dan penegakan hukum di jalan raya. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan fatal dan meningkatkan kesadaran masyarakat saat berkendara.

"Kita akan terus mengoptimalkan berbagai program yang telah direalisasikan, termasuk penegakan hukum di jalan raya. Hari ini, kami bersama instansi terkait seperti Dishub kota dan provinsi, BPTD kelas II, serta Satlantas Polresta Pekanbaru, dipimpin oleh Kasubdit Gakkum Kompol Rikky," ujar Kombes Taufiq, Kamis (10/10/2024).

Di lokasi kegiatan, sejumlah kendaraan bertonase besar diperiksa, termasuk kelengkapan sopir dan kondisi kendaraan. Berbagai spanduk himbauan tertib berlalu lintas dan ajakan untuk menciptakan Pilkada damai 2024 juga dipasang di area tersebut.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Riau, Kompol Rikky, menjelaskan bahwa kegiatan operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengendara agar mematuhi tata tertib berlalu lintas.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan bersama instansi terkait untuk penegakan hukum, termasuk penindakan kendaraan angkutan yang over dimensi dan pelanggaran lainnya. Kami juga memeriksa kelengkapan administrasi sopir dan kondisi fisik kendaraan, seperti lampu, rem, dan ban," jelas Kompol Rikky di Bundaran Tugu Celengan, Jalan Riau ujung Pekanbaru.

Dari pantauan, sejumlah kendaraan barang dihentikan untuk pengecekan. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran sopir angkutan barang dalam mematuhi tata tertib berlalu lintas.

"Selain pemeriksaan kendaraan, kami juga memberikan himbauan Cooling System Pilkada Damai agar sopir berpartisipasi dalam menjaga Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas, serta memberikan hak pilih mereka saat pemilihan nanti," tambah Kompol Rikky.

Ridho Siagian, salah satu sopir angkutan, mengapresiasi kegiatan ini. "Kami sangat menghargai operasi rutin gabungan ini. Manfaatnya besar, kami merasa lebih nyaman dan aman saat beraktivitas. Kami berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Bundaran Tugu Celengan, tetapi juga di lokasi-lokasi rawan lainnya," tutur Ridho.

Dengan adanya operasi rutin gabungan ini, Ditlantas Polda Riau berharap kesadaran masyarakat saat berkendara dapat terus meningkat.**

Berita Lainnya

Index