Fakta-fakta 'Pria Bangkit dari Kubur' di Pontianak

Fakta-fakta 'Pria Bangkit dari Kubur' di Pontianak

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Video seorang pria tak sadarkan diri dan setengah badannya dalam posisi dikubur kemudian bangkit lagi jadi viral di media sosial. Pria bernama Susanto itu dipastikan tidak 'meninggal lalu bangkit dari kubur'. Seperti ini fakta-faktanya. 

Kabar 'kebangkitan' Susanto dari kubur itu beredar di Facebook. Cerita bermula saat Susanto mengalami kecelakaan saat bekerja. Dia mengelas kanopi lalu tersengat listrik.

Warga yang melihat Susanto langsung bersigap dan membawanya ke halaman rumput. Di sana tubuh Susanto dibaringkan di atas lumpur. Di video yang beredar, sempat Susanto mengerang kesakitan. Warga lalu mengubur sebagian tubuh Susanto dengan lumpur. 

Dilansir dari detikcom meminta konfirmasi tentang kejadian tersebut ke Kapolda Kalimantan Barat Irjen Didi Haryono. Berikut ini fakta-fakta terkait Susanto yang 'bangkit dari kubur'.

1. Tersetrum Listrik

Sebelum kejadian yang akhirnya direkam dalam video itu, Susanto mengalami kecelakaan saat mengelas kanopi. Dia tersengat listrik hingga tak sadarkan diri.

Warga yang mengetahui kejadian itu langsung membawa Susanto ke sawah dan melumurinya dengan lumpur. Alasannya, untuk mengurangi aliran listrik yang ada di dalam tubuh Susanto. 

"Adapun pertolongan pertama yang dilakukan warga sekitar setelah kejadian tersebut adalah mengubur bagian tubuh korban dengan menggunakan lumpur mulai leher sampai kaki guna menghilangkan induksi aliran listrik dalam tubuh korban (ground)," jelas Didi, Kamis (12/7/2018). 

2. Hanya Sebagian Tubuh yang Dikubur

Warga menolong Susanto dan mengubur sebagian badannya ke dalam lumpur. Tujuan warga itu adalah menghilangkan induksi listrik di dalam tubuh Susanto. Warga meyakini cara itu bisa berhasil.

"Adapun pertolongan pertama yang dilakukan warga sekitar setelah kejadian tersebut adalah mengubur bagian tubuh korban dengan menggunakan lumpur mulai leher sampai kaki guna menghilangkan induksi aliran listrik dalam tubuh korban (ground)," kata Didi.

3. Dikubur dalam Lumpur supaya Selamat

Untuk mengurangi induksi aliran listrik, tubuh Susanto dikubur dalam lumpur. Sebelumnya ada warga setempat yang melakukan cara serupa dan selamat.

4. Susanto Masih Hidup dan Dirawat di RS

Setelah dikubur dalam lumpur, Susanto kini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Korban masih hidup dan dapat tertolong. Sekarang masih dirawat," ujar Didi. 

Susanto kini masih berada di RS Rubini, Mempawah, untuk menjalani perawatan. Didi mengatakan Susanto tersengat listrik setelah mengelas kanopi di bengkel. Pada awalnya Susanto tak sadarkan diri. 

Berita Lainnya

Index