Pascasarjana Unilak Gelar Semiloka Budaya Melayu Berbasis KKNI

Pascasarjana Unilak Gelar Semiloka Budaya Melayu Berbasis KKNI

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Pascasarjana Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar Semiloka dengan judul “RPS dan Aspek Budaya Melayu Dalam Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI” yang diselenggarakan pada hari Rabu (18/7) di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lantai 3.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor 2 Unilak Ermina Sari STP, M.Sc, Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Sudi Fahmi, SH.M.Hum, Sekretaris Pascasarjana Dr.Helwen, Ka Prodi Magister Manajemen Dr. Fahmi Oemar, Ka Prodi Magister Hukum Dr. Ardiansyah, serta seluruh Dosen Pascasarjana Unilak yang menjadi peserta dalam Semiloka ini.

Membuka acara mewakili Rektor Unilak, Wakil Rektor 2 Ermina Sari STP, M.Sc dalam sambutannya mengatakan keberadaan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dan kurikulum bagi kita yang berinteraksi langsung dalam pendidikan dan pengajaran tentu menjadi perhatian utama. Tidak hanya sekedar menyusun, tentu agar tercapai capaian yang kita harapkan hendaklah merujuk pada berbagai aspek dan kebijakan yang diselaraskan dengan visi dan misi Universitas Lancang Kuning.

“Saya berharap ilmu yang diberikan pada hari ini memberikan output bagi kita secara pribadi maupun institusi, dengan tersusunnya RPS yang sungguh sangat siap untuk diimplementasikan” ujar Ermina Sari STP, M.Sc.

Sementara itu Direktur Pascasarajana yang juga memberikan sambutan mengatakan Semiloka ini dilandasi oleh pemikiran bahwa keberadaan visi dan misi bagi suatu perguruan tinggi sangat penting. Karena didalam itu tergambar prinsip-prinsip yang merupakan landasan pengembangan dan pembangunan sebuah perguruan tinggi. Hal utama yang menjadi perhatian dalam pendidikan dan pengajaran adalah keberadaan kurikulum dan RPS agar menghasilkan lulusan yang Handal dan berkompeten penyusunan RPS semestinya diarahkan dan diselaraskan dengan kompetensi lulusan.

“Semiloka ini sangatlah penting adanya mengingat KKNI sangat erat kaitannya dengan kurikulum dan kebijakan, serta menjadi pijakan utama bagi isntitusi pendidikan yang mana KKN nantinya akan dijadkan rujukan dalam kurikulum dan penjaminan mutu pendidikan di Indonesia termasuk di Program Pascasarjana Universitas Lancang Kuning sehingga capaian belajar lulusan nantinya juga berstandar KKNI” ujar Prof.Sudi fahmi.

Semiloka ini menghadirkan pembicara handal dan kompeten yaitu Prof. Dr. HB Isyandi SE, MS dan Prof. Suwardi, MS. Kedua pembicara ini akan membawakan  masing-masing tema yaitu Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dibawakan oleh Prof.Isyandi dan Tema Aspek Budaya Melayu yang dibawakan oleh Prof. Suwardi.
 

Berita Lainnya

Index