Aliansi Buruh Bumi Lancang Kuning: Jaga Netralitas KPU dan Bawaslu!

Aliansi Buruh Bumi Lancang Kuning: Jaga Netralitas KPU dan Bawaslu!
Aliansi Buruh Bumi Lancang Kuning

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM – Massa buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bumi Lancang Kuning (AB2LK) melakukan aksi damai, di Kantor KPUD Prov. Riau, Gajah Mada, Pekanbaru, Kamis (13/9).

Aliansi Buruh Bumi Lancang Kuning yg berjumlah 200 orang mendatangi Kantor KPUD Prov. Riau untuk menyatakan sikap dan memberikan dukungan kepada penyelenggara Pilpres dan Pileg 2019 yang jujur, aman dan sejuk di wilayah Prov. Riau dengan Penanggung jawab aksi Erik Suryadi (Ketua DPD SP-NIBA SPSI Riau) dan kordinator aksi Perdana Putra.

Rangkaian kegiatan dalam aksi:

1. Pada pukul 09.00 Wib massa buruh mulai berkumpul di depan kantor KPUD Prov. Riau dgn membawa spanduk yang bertuliskan pernyataan sikap yang diantaranya:

A. #2019 Kita tetap bersaudara

B. Tolak politik uang

C. Lawan dan tolak Politisasi Sara

D. Siapa pun pilihannya 2019 kita tetap bersaudara

E. Demokrasi Yes, Money Politik No

F. Bawaslu Netral pemilu Damai, KPU profesional Pemilu sejuk dan damai, Buruh bersamamu, kami cinta NKRI kami cinta Bumi Lancang Kuning.

2. Pukul 10.00 Wib massa AB2LK mulai melakukan orasi didepan Gedung KPU yang bertemakan pelaksanaan Pemilu, Pileg, DPD dan Pilpres 2019 yang aman damai dan sejuk, tolak politik uang, tolak Politisasi Sara dan jaga Netralitas KPU dan Bawaslu Riau.

3. Pukul 10.15 Wib penanggung jawab aksi Erik Suryadi dihadapan ketua KPUD Riau Dr. Nurhamin SPt., MH dan anggota Bawaslu Riau Neil Antariksa SH., MH membacakan pernyataan sikap yang berisikan:

A. Menolak dengan tegas Politik uang dalam penyelenggaraan Pileg, DPD RI dan Pilpres 2019.

B. Menolak segala bentuk politisasi Sara dalam penyelenggaraan Pileg, DPD RI dan Pilpres 2019.

C. Agar KPU Riau dan Bawaslu Riau dapat menjaga netralitasnya dalam penyelenggaraan Pileg, DPD RI dan Pilpres 2019.

4.  Pukul 10.30 Wib massa aksi diterima oleh Ketua KPU prov. Riau DR. Nurhamin SPt., MH dan Sekretaris Bawaslu Prov. Riau Neil Antariksa AMd., SH., MH.

Dengan menyampaikan pernyataan bahwa :

A. Komisioner KPU prov riau mengucapkan terimakasih terhadap massa aksi atas dukungan yang diberikan terhadap KPU.

B. KPU Prov. Riau akan menolak kegiatan-kegiatan money politik dan politisasi sara.

C. KPU akan tetap menjaga netralitas karena hal tersebut akan menjadi polemik mengingat demokrasi diatur oleh Undang-undang.

D. Bawaslu Prov. Riau akan melakukan tindakan tegas terhadap kegiatan money politik dan politisasi sara guna dapat melahirkan pimpinan yang berada dan akan merusak sendi-sendi bangsa.

E. KPU dan Bawaslu telah berkomitmen untuk menyelenggarakan tahapan pemilu dengan bersih dan apabila ditemukan pelanggaran terhadap pihak penyelenggara, baik itu dari KPU maupun Bawaslu harap segera dilaporkan guna akan diambil tindakan secara tegas.

5. Pukul 10.45 Wib secara simbolis perwakilan massa menyerahkan pernyataan sikap kepada Ketua KPUD dan Komisioner Bawaslu Riau.

6. Pukul 11.00 Wib Kapolsek Kota Pekanbaru Kompol Hanafi memberikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada massa buruh dikarenakan tema yang diangkat dalam pelaksanaan aksi merupakan tema yang mendukung instansi pemerintah, Kapolsek juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilu yang aman dan sejuk tidak lepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan Politik Uang, Politisasi Sara, Berita Hoax dan Ujaran Kebencian terutama dari Media Sosial.

7. pukul 11.00 Wib massa aksi membubarkan diri dengan tertib.

Selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan tertib. (Reza)

Berita Lainnya

Index