Tahun 2019, AKN Berkemungkinan Besar Tak Menerima Mahasiswa Baru

Tahun 2019, AKN Berkemungkinan Besar Tak Menerima Mahasiswa Baru

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM -Direktur Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bengkalis Alfansuri, ST, M.Sc memastikan jika nantinya AKN berubah menjadi Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) dibawah pengelolaan Politeknik Negeri Bengkalis. Maka di Tahun 2019, AKN tidak menerima mahasiswa baru.

Demikian disampaikan Alfansuri, saat menggelar Coffee Morning besama organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkalis di Restoran Hotel Berlian, Jumat (21/12/2018) pagi. Menurut Alfansuri, AKN hari ini memiliki SDM yang handal dan sudah teruji. Untuk tenaga dosen pengajar tercatat berjumlah 18 dosen, kemudian 9 instruktur serta bagian administrasi.

“Pembentukan PSDKU ini sesuai dengan Permenriset Dikti RI ini merupakan pil pahit, jadi kita tidak bisa memaksakan AKN ini bertahan. Tentunya pada kesempatan ini AKN Bengkalis hanya bisa hadir sampai Tahun 2020, karena masih tersisa mahasiswa yang masuk di Tahun 2018. Kemungkinan besar juga di 2019, AKN tidak menerima mahasiswa lagi,”kata Alfansuri kepada sejumlah wartawan yang hadir dan tergabung di PWI Bengkalis.

Sementara itu untuk operasional AKN, sambungnya. Tetap akan berlanjut sampai Tahun 2020. Maka dari itu, Alfansuri berharap dengan terlaksananya Coffee Morning ini bisa menjadi wadah diskusi bersama dengan insan pers di Kabupaten Bengkalis.

“Kondisinya seperti itu, sedih dan berat rasanya. Apalagi melihat juara-juara di Akademi Komunitas, lulusan AKN diterima diperusahaan ternama, sedih. Tapi ini posisi saat ini, kami hanya mengikuti saja,”terangnya.

Berkaitan dengan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) dan bekerjasama dengan PT Negeri di daerah. Alfansuri menyatakan, saat ini para dosen dan civitas masih memikirkannya. Namun, sesuai keinginan dari sejumlah dosen lainnya, sumber daya manusia yang ada ini jangan hilang begitu saja.

“Solusi ini sudah disampaikan, namun belum final. Saya pikir solusi pindah ke Duri itu merupakan alternative terbaik dan bulan empat nanti diusulkan,”terang Alfansuri.(ab)

Berita Lainnya

Index