KBRI Addis Ababa Serahkan Sampel DNA WNI Korban Ethiopian Airlines

KBRI Addis Ababa Serahkan Sampel DNA WNI Korban Ethiopian Airlines

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Addis Ababa menerima sampel DNA dari Harina Hafitz, WNI korban pesawat Ethiopian Airlines. KBRI selanjutnya akan menyerahkan sampel DNA itu ke otoritas berwenang setempat.

Pernyataan itu disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Ethiopia merangkap negara Djibouti dan organisasi negara-negara Afrika, African Union, Al Busyra Basnur, Minggu (17/3/2019). Basnur mengatakan Menteri Transportasi Ethiopia, Dagmawit Mogess dan State Minister Kemlu Ethiopia, Dr. Markos Tekle sudah menyampaikan briefing terkait perkembangan terakhir dan langkah yang akan diambil oleh Ethiopia terkait kecelakaan pesawat.

Dilansir detikcom bahwa Pemerintah Ethiopia saat ini membentuk High Steering Committee untuk menangani kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines itu. Komite dipimpin oleh Menteri Transportasi, dengan anggota Menlu, Menkeu, Menkes, Jaksa Agung, Komisaris Polisi Federal, Ethiopian Civil Aviation Authority dan Ethiopian Airlines. Komite tersebut memiliki 6 sub komite yaitu Accident Investigation, Victim Identification and Family Support, Legal Issues, Accident Site, Communication and PR, Finance and Logistic.

Basnur yang hadir dalam kegiatan briefing tersebut mengatakan proses identifikasi korban kecelakaan diperkirakan selesai dalam waktu 5-6 bulan. Dia juga memastikan KBRI Addis Ababa terus berkoordinasu dengan Kemlu dan sejumlah pihak mengenai kecelakaan pesawat tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Harina merupakan satu dari tujuh staf World Food Program, badan pangan di bawah PBB yang menumpang pesawat Ethiopian Airlines nomor penerbangan ET-302. Adik laki-laki Harina mengatakan bahwa kakaknya mengikuti pertemuan PBB di Nairobi, Kenya.

"Beliau sempat kirim Whatsapp ke saya hari Sabtu (9/3), memberitahu dapat tugas ke Nairobi. Pesawatnya dari Roma transit dulu di Addis Ababa," papar Hari Lutfi, Senin (11/3) pagi WIB.

Berita Lainnya

Index