Pesawat Pengebom Rusia Dekati Wilayahnya, Inggris Kirim 2 Jet Tempur

Pesawat Pengebom Rusia Dekati Wilayahnya, Inggris Kirim 2 Jet Tempur
Ilustrasi (Saul Loeb/AFP/Getty Images)

LONDON, RIAUREVIEW.COM -Militer Inggris menyatakan sejumlah pesawat militer Rusia terbang mendekati wilayah udaranya. Dua jet tempur milik Inggris dikerahkan untuk mencegat pesawat-pesawat militer Rusia itu.

Seperti dilansir kantor berita Turki Anadolu Agency dan detikcom, Kamis (4/4/2019), pernyataan Angkatan Udara Kerajaan Inggris atau RAF menyebut dua pesawat militer Rusia jenis pengebom jarak jauh Tupolev Tu-160 'Blackjack' terdeteksi radar sedang mengudara di wilayah udara internasional di dekat pantai timur laut Inggris.

RAF menyebut ada dua pesawat pengebom Rusia yang terbang mendekati wilayah udara Inggris.

Disebutkan lebih lanjut bahwa pesawat militer Rusia itu sebelumnya diduga terbang melintasi wilayah Norwegia lalu bergerak menuju wilayah Inggris dan melintasi perairan Laut Utara, yang membentang di antara Inggris dan Norwegia juga beberapa negara Eropa lainnya. 

Sebagai antisipasi, militer Inggris pun mengerahkan jet-jet tempurnya untuk menghadapi pesawat militer Rusia itu. Juru bicara RAF menyebut dua jet tempur jenis Typhoon dikerahkan dari pangkalan udara Lossiemouth.

"Pesawat Rusia tidak memasuki wilayah udara teritorial Inggris," tegas juru bicara RAF dalam pernyataannya.

Belum ada tanggapan resmi dari Rusia terkait insiden ini. 

Diketahui bahwa insiden ini terjadi saat pasukan NATO yang ada di Skotlandia sedang melakukan latihan militer yang disebut 'Exercise Joint Warrior'.

Berita Lainnya

Index