Nekat! Tentara Korut Membelot ke Korsel Menyeberangi Zona Demiliterisasi

Nekat! Tentara Korut Membelot ke Korsel Menyeberangi Zona Demiliterisasi
Foto: (CNN Travel)

SEOUL, RIAUREVIEW.COM -Seorang tentara Korea Utara (Korut) nekat membelot ke Korea Selatan (Korsel) dengan menyeberangi Zona Demiliterisasi (DMZ), perbatasan kedua negara. Ini merupakan aksi pembelotan langsung yang sangat langka di perbatasan yang dijaga ketat tersebut.

Kepala Staf Gabungan Militer Korsel (JCS), menyatakan dalam keterangannya seperti dilansir kantor berita AFP dan detikcom, Kamis (1/8/2019) , tentara Korut itu terlihat pada Rabu (31/7) malam bergerak ke selatan melewati garis DMZ.

Dia pun ditahan sesuai prosedur dan saat ini tengah ditanyai. Identitas pria Korut tersebut belum dirilis, begitu pula dengan motif pembelotannya.

JCS memastikan tidak ada seorang pun anggota militer Korut yang mengejar pria itu. "Tidak ada gerakan militer Korea Utara yang terlihat di seberang perbatasan," demikian disampaikan JCS.

Menurut data pemerintah Korsel, lebih dari 30 ribu warga Korut telah membelot ke Korsel sejak kedua Korea itu terpisah akibat perang lebih dari 65 tahun silam. Penyebabnya, sebagian besar karena kesulitan ekonomi yang terus berlangsung di Korut.

Namun mayoritas warga Korut yang membelot tersebut lebih dulu pergi ke China sebelum masuk ke Korsel, biasanya via negara ketiga. Hanya segelintir orang saja yang punya cukup nyali untuk menyeberangi DMZ, yang dipenuhi ranjau dan dijaga ketat oleh pasukan militer Korut dan Korsel.

Pada November 2017, seorang tentara Korut menjadi pemberitaan media internasional setelah dia berlari menyeberangi DMZ di Panmunjom sembari dihujani tembakan pasukan Korut.

Rekaman yang dirilis PBB memperlihatkan, dia lebih dulu mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi lalu turun dan berlari ke garis perbatasan masih di wilayah Korut. Saat itulah pria berumur 24 tahun itu dihujani tembakan. Mujur, tentara Korut itu selamat meski di tubuhnya ditemukan beberapa luka tembakan peluru.

Berita Lainnya

Index