Diserang DDoS, Wikipedia Lumpuh di Beberapa Negara Eropa

Ilustrasi.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Wikipedia di beberapa negara terpaksa offline setelah mengalami serangan siber di beberapa negara pada 7 September lalu. Serangan (distributed denial of service) atau DDoS menjadi penyebab kelumpuhan situs Wikipedia.

Beberapa negara yang tak bisa mengakses Wikipedia antara lain Britania Raya, Polandia, Prancis, Jerman, dan Italia.

Akun Twitter Jerman Wikimedia mencuitkan pernyataan bahwa server Wikimedia lumpuh diserang DDoS.

"Server Wikimedia ... saat ini sedang lumpuh oleh serangan DDoS besar-besaran dan sangat luas," kata akun tersebut.

Dilansir dari Techtimes dan CNNIndonesia, server Wikemedia dari Wikimedia Foundation adalah organisasi pusat dari  Wikipedia, Wiktionary, Wikiquote, Wikibooks, Wikisource, Wikispecies, dan Wikiversity.

Wikipedia mengaku serangan masih berlangsung dan tim teknis dikerahkan untuk menghentikan serangan dan menghidupkan kembali situs Wikipedia.

"Wikipedia dipukul dengan serangan jahat yang menjadikannya offline di beberapa negara selama periode sementara waktu. Kami mengutuk serangan semacam ini. " kata Wikimedia Foundation pada Jumat (7/9).

Mengutip Techcrunch, serangan DDoS kali ini bukan hanya melumpuhkan Wikipedia, tapi juga mengancam hak semua orang untuk mengakses dan berbagi informasi.

"Sebagai salah satu situs paling populer di dunia, Wikipedia terkadang menarik aktor yang beritikad buruk," kata Wikimedia.

DDoS sendiri merupakan teknik serangan dengan membanjiri server menggunakan paket data berkapasitas besar, serangan ini dilakukan secara terus menerus hingga sistem tidak dapat menampung data dan akhirnya rusak.



TULIS KOMENTAR