Paris Rusuh karena Kelompok Anarko, 2 Kantor Bank Dirusak

Paris Rusuh karena Kelompok Anarko, 2 Kantor Bank Dirusak
Polisi menghalau massa anarko Black Bloc di Paris. (AFP)

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Kelompok Anarko-Sindikalis Black Bloc dikabarkan merusuh di unjuk rasa perubahan iklim di Paris. Dua kantor bank dirusak.

Dilansir AFP dan detikcom, Minggu (22/9/2019), unjuk rasa tentang perubahan iklim di Paris pada Sabtu (21/9) waktu setempat ini awalnya dilakukan oleh massa rompi kuning dan massa lainnya. Selain mereka, ada juga sekitar seribu massa black bloc radikal.

Aksi unjuk berubah menjadi rusuh usai kelompok black bloc itu memprovokasi massa untuk melawan polisi. Koordinator lapangan demonstrasi itu kemudian menyeru peserta aksinya untuk meninggalkan situasi yang berubah rusuh.

Dua bangunan kantor bank dirusak. Ada pula sepeda motor yang dirusak. Jendela dan properti lain juga ikut rusak.

Mereka kemudian menutup jalan. Di lokasi jalan yang ditutup itu mereka melakukan aksi bakar-bakaran tong sampah dan material konstruksi.

7.500 Personel polisi dikerahkan untuk mengatasi para pengunjuk rasa. Mereka bergerak cepat ke titik kerusuhan dan membubarkan massa black bloc. Sabtu (21/9) pukul 18.00 waktu setempat, polisi menangkan 163 orang.

Polisi menggunakan tongkat polisi untuk membubarkan massa. Gas air mata ditembakkan. Total ada 15.200 pengunjuk rasa yang ikut pawai iklim.

Berita Lainnya

Index