Kontraktor NASA Kebut Pesawat untuk Daratkan Manusia di Bulan

Kontraktor NASA Kebut Pesawat untuk Daratkan Manusia di Bulan
Ilustrasi.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Kontraktor NASA untuk misi Artemis mulai 'ngebut' untuk menyelesaikan pesawat ulang-alik. Dilansir dari Space.com, NASA mempercepat target untuk mendaratkan manusia di permukaan bulan pada 2024.

Berbicara di sebuah panel di Kongres Astronautika Internasional, para perwakilan kontraktor menjelaskan bagaimana proyek bulan dibandingkan dengan pekerjaan mereka sebelumnya untuk NASA.

Banyak dari perusahaan ini mengambil bagian dalam program pesawat ulang-alik juga.

"Karena percepatan jadwal, kami bekerja jauh lebih sebagai tim," kata Victor Alfano, Direktur Senior Program Strategis di Sistem Teknis Nasional yang dilansir CNNIndonesia.

Tidak seperti program pesawat ulang-alik, yang umumnya berjalan tanpa tenggat waktu yang ketat, NASA mengerahkan sumber dayanya untuk memenuhi tenggat waktu 2024 yang ditetapkan oleh pemerintahan AS Presiden Donald Trump.

Badan ini bekerja keras untuk memastikan bahwa komponen mulai dari pakaian antariksa hingga roket siap pada waktunya. Tetapi Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan badan tersebut menekankan keselamatan saat bekerja melalui tonggak bersejarah bagi Artemis.

Artemis 1, sebuah misi tak berawak yang akan terbang mengelilingi bulan, diperkirakan akan terbang pada tahun 2020 dengan misi uji manusia pertama yang menyusul segera sesudahnya.

Selama panel, perwakilan dari Smiths Interconnect menekankan bahwa banyak perusahaan yang bekerja pada Artemis memiliki keuntungan yakni memanfaatkan pengalaman spaceflight selama beberapa dekade untuk mencapai tujuan pendaratan di bulan.

Berita Lainnya

Index