Irlandia Tangkap Eks Tentara Pengikut ISIS yang Diusir Turki

Irlandia Tangkap Eks Tentara Pengikut ISIS yang Diusir Turki
Ilustrasi perempuan pengikut ISIS. (Fadel SENNA / AFP)

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Pemerintah Irlandia menahan seorang warga perempuan, Lisa Smith (38), saat tiba di Dublin karena menjadi pengikut kelompok Negara Islam (ISIS) di Suriah. Perempuan yang juga mantan tentara itu langsung dibawa polisi dan dipisahkan dengan anaknya yang masih bayi, selepas dideportasi dari Turki.

"Saat tiba di Dublin, Lisa Smith langsung dibawa An Garda Siochana (Kepolisian Irlandia). Ini adalah kasus sensitif dan saya ingin memastikan semua pihak masalah ini ditangani oleh seluruh lembaga terkait," kata Menteri Hukum Irlandia, Charlie Flanagan, seperti dilansir CNNIndonesia, Senin (2/12).

Kepolisian Irlandia menyatakan anak Smith sudah diserahkan kepada kerabatnya.

Smith adalah salah satu dari sekian banyak warga asing yang menjadi pengikut ISIS. Dia bahkan sempat ditahan di kamp penampungan al-Hol di utara Suriah, setelah basis terakhir ISIS direbut pasukan koalisi.

Keberadaannya pertama kali ditemukan oleh koresponden CNN, Jomana Karadsheh, pada Maret lalu. Saat itu, Smith sambil menggendong anaknya menyatakan berharap ingin segera kembali ke tanah kelahirannya.

Dia lantas ditangkap pasukan Kurdi dan ditempatkan di kamp penampungan.

Kini, Turki memutuskan mulai memulangkan sejumlah warga asing yang menjadi pengikut ISIS ke negara masing-masing. Namun, sejumlah negara Eropa memutuskan menolak menerima kembali warga mereka yang terlibat ISIS.

Berita Lainnya

Index