Erdogan Ancam Tutup Dua Pangkalan Militer AS di Turki

Erdogan Ancam Tutup Dua Pangkalan Militer AS di Turki
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam akan menutup dua pangkalan militer strategis yang digunakan oleh Amerika Serikat di Ankara. 

Hal itu diungkapkan Erdogan setelah Washington memperingatkan sanksi atas Ankara atas pembelian senjata Rusia.

"Jika perlu, kita bisa menutup Incirlik dan Kurecik," kata Erdogan pada saluran televisi pro-pemerintah A Haber seperti dilansir CNNIndonesia Minggu (15/12).

Kedua pangkalan AS itu berada di pantai barat daya Turki, dekat perbatasan dengan Suriah.

Angkatan udara AS menggunakan pangkalan udara di Incirlik untuk menyerang basis ISIS di Suriah. Sementara Pangkalan Kurecik dipakai sebagai stasiun radar utama NATO.

Erdogan di masa lalu sudah berulang kali mengangkat ancaman ini, terutama di saat tensi hubungan Turki dan AS memanas.

Ancaman serupa juga sempat disinggung Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada pekan lalu. Menanggapi ancaman sanksi AS, Cavusoglu menegaskan bahwa penutupan pangkalan militer itu bisa direalisasikan.

Turki dibayangi sanksi AS atas keputusannya membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

Pada Jumat lalu Turki memanggil duta besar AS setelah Senat mengakui pembunuhan warga Armenia pada tahun 1915 sebagai genosida. RUU genosida Armenia itu tinggal menunggu ditandatangani oleh Presiden Donald Trump.

Armenia mengklaim 1,5 juta orang tewas dalam pembunuhan itu. Namun Turki menyebut jumlah korban tewas tidak sebanyak itu, dan warga mereka juga ikut tewas.

Berita Lainnya

Index