Berangkat dari Semangat Inovasi dan Komitmen yang Kuat, Rektor Unilak: Mari Berpikir Besar!


PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Menakar suatu perkembangan. Kacamata waktu kian tegas melensakan pandangan terhadap perkembangan itu. Tepat digenapnya ke-38 tahun yang diperingati pada tanggal 9 Juni 2020 lalu, kampus Universitas Lancang Kuning kian gagah dan membanggakan dalam mewujudkan sebuah perkembangan menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) unggul di tingkat Nasional berlandaskan Budaya Melayu.

Menjadi kampus yang unggul merupakan dambaan setiap Perguruan Tinggi. Baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Unggul, dapat dilihat dari banyak hal atau sisi mulai dari fasilitas, rating kampus, jumlah mahasiswanya, akreditasi atau lainnya. Perguruan tinggi yang besar tidak dilihat dari kampusnya yang besar megah atau pun mewah dan mahasiswanya yang banyak. Kampus yang besar dan yang akan unggul dalam kompetisi adalah kampus yang memiliki semangat inovasi.

Semangat inovasi di lingkungan Perguruan Tinggi tentu akan menjadi bukti kesungguhan bagi atau setiap Perguruan Tinggi dalam mengikuti perkembangan zaman yang pesat dan canggih ini. Dengan semangat inovasi tersebut, salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Riau, Universitas Lancang Kuning makin bergengsi!.

Terkait semangat inovasi. Universitas Lancang Kuning telah banyak menunjukkan sebuah inovasi dalam progresifitasnya menuju unggul. Baru-baru ini kampus Universitas Lancang Kuning memberikan sebuah gebrakan. Gebrakan ini tentu mengikuti kehendak zaman yang semakin maju dan canggih. Gebrakan tersebut seperti Universitas Lancang Kuning melakukan pendigitalisasian riset atau karya ilmiah Dosen dan Mahasiswa. Pendigitalisasian ini guna terjaganya dan tersimpan dengan baik dalam bentuk digital. Riset atau karya ilmiah yang digitalisasikan tersebut bisa diakses oleh masyakarat banyak sebagai referensi dalam melakukan riset berikutnya. Kemudian, Universitas Lancang Kuning dalam mempermudah akses pendaftaran mahasiswa baru dengan menghadirkan fiture widget. Lewat fiture widget ini pendaftar dapat langsung bertanya atau berkomunikasi melalui Smartphone tentang tata cara melakukan pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Selanjutnya. Dalam penataan ruang hijau. Universitas Lancang Kuning juga akan membangun Ekowisata seluas 5 Ha guna mewujudkan dan mengembangkan kawasan kampus menjadi lebih hijau, asri dan nyaman.

Berangkat dari sebuah komitmen. Sesuai dengan visinya. Universitas Lancang Kuning menjadi universitas unggul di tingkat Nasional berlandaskan budaya Melayu. Dalam menjulang kreativitas dan intelektualitas. Universitas Lancang Kuning adalah wadahnya bagi generasi milenial hari ini dalam melakukan proses kreatif. Hal ini ditunjukkan dengan support fasilitas akademik di 9 Fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kehutanan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan dan Program Pascasarjana. Selanjutnya support moril dalam mentransformasikan sistem pendidikan yang dirumuskan dalam 7 Nilai Unilak : Religius, Jujur, Visioner, Bijaksana, Disiplin, Bermartabat, dan Kerjasama. Support tersebut telah menunjukkan keseriusan kampus Universitas Lancang Kuning dalam mewujudkan generasi yang berbudaya dan berkarakter, serta mampu dalam bersaing.

Berangkat dari semangat inovasi dan komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Di ke-38 tahunnya, Universitas Lancang Kuning menunjukkan kegagahannya dan membanggakan. Dilansir dalam www.4icu.org. Lebih dari 560 Universitas yang dilakukan pemeringkatan. Universitas Lancang Kuning menempati peringkat 191 PTN/PTS se-Indonesia, peringkat 2 PTS di Provinsi Riau, peringkat 4 PTN/PTS di Provinsi Riau, peringkat 29 PTN/PTS di Sumatera, dan peringkat 22 PTS di Sumatera. Hal ini merupakan pengakuan akan peningkatan reputasi akademik Universitas Lancang Kuning.

Dr. Junaidi, M.Hum selaku Rektor Universitas Lancang Kuning sigap dan tangkas mengikuti perkembangan zaman dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kampus. Menyandang peringkat ke-2 menjadi Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Riau telah menjadikan semangat untuk menuju unggul. Menuju unggul, Rektor menginginkan nantinya ada kerjasama tim dalam membangun Unilak juga mengembangkan suasana Unilak secara bersama-sama. “kita harus menunjukkan sebuah perkembangan dan berinovasi. Inovasi ini harus diikuti pula oleh kesadaran, baik dari tenaga pengajar atau dosen maupun mahasiswa untuk terlibat langsung dalam perubahan tersebut. Kehidupan di kampus wajib kita perhatikan agar tidak ada yang ketertinggalan,” jelas Rektor.

Selanjutnya. Rektor menjelaskan,“ Pada pelaksanaan milad kemarin kami melakukan jelajah kampus. Jelajah kampus ini bertujuan memperkenalkan lebih dalam kepada semua pimpinan, dosen, dan karyawan tentang kondisi Unilak yang luas. Harapan dari jelajah kampus ini bisa muncul ide-ide baru untuk memajukan kampus, Mari berpikir besar!,” ucap Rektor.

Penulis: Berlian Novriendi, Alumni Sastra Indonesia FIB Unilak, Jurnalis TVRI Stasiun Riau.



TULIS KOMENTAR