Idul Adha 2020, Masjid Al Fatah Unilak Potong 7 Hewan Kurban

Idul Adha 2020, Masjid Al Fatah Unilak Potong 7 Hewan Kurban

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM -Hari Raya Idul Adha 1441, Keluarga besar Universitas Lancang Kuning (Unilak) sembilih sebanyak 6 hewan kurban, dengan rincian 3 ekor sapi, 4 ekor kambing. Sabtu (1/07/2020). Pelaksanaan penyembelihan dilakukan di halaman Majid Al Fatah kampus Unilak.

Sejak pukul setengah delapan pagi, peserta dan petugas kurban telah berkumpul dan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan. Peserta kurban berasal dari dosen,dan karyawan di unilak. Diantaranya, dari Rektor Unilak Dr. Junaidi, Dekan Fakultas Hukum Dr. Fahmi, Dr. Bambang Supeno, Kurniawan, Mpd, Dra. Essy Syam, Dr. Evizariza, Bayu Febriandi, M.Kom, Nur Aisyah, Ir. Lafiva Siswati, MP, Dr. Yeni, Triana, Noprianti, Suharni, Dr. Aliar Syam, Dr. Bambang Suroto. Dr. Hadiati, Ryan Pahlawan, A.Kholid, Evi Yandi, Nyami, Faris Abdul, Susi Handayani, Dr. Fatkhurahman dan Ikatan Dosen Unilak.

Pelaksanaan proses pemotongan sapi dan kambing berjalan lancar tanpa hambatan, di tahun ini pelaksanaan pemotongan perdana menggunakan kandang. Hewan kurban kemudian digiring ke dalam kandang dan kemudian direbahkan. Kandang potong ini lebih memudahkan dan lebih aman, serta prosesenya cepat.

Rektor Unilak Dr. Junaidi saat memberikan sambutan mengatakan, Alhamdulillah hari ini di Masjid Al Fatah Unilak tahun ini menyelenggarakan kurban, terima kasih kepada panitia dan telah mengelola kegiatan ini.

"Kita bersyukur pada tahun ini, masjid  menyembelih tiga ekor sapi, 4 ekor kambing. Kita berharap kegiatan ini tiap tahun berlangsung semoga tahun ini memberikan keberkahan kepada kita semua.

Sementara itu, salah satu peserta kurban, Dr. Evizariza saat ditemui menyebutkan bersyukur dapat ikut berkurban. Menurutnya perjuangan nabi Ibrahim dan Ismail mengajarkan kita keikhlasan dan mematuhi perintah Allah. Dengan berkurban ikut berbagi kepada saudara saudara yang membutuhkan dan merasakan daging kurban disaat pandemi Covid 19.

Sementara itu, ketua pelaksana, M. Algusyamsur menyebutkan  ditahun ini sebanyak 210 kupon diberikan kepada peserta kurban, karyawan kontrak Unilak, petugas keamanan, pegawai, panti asuhan, dan masyarakat sekitar kampus.

Dijelaskan Algu, ditahun ini pengurus masjid perdana menggunakan kandang potong. Kandang potong ini lebih aman, cepat, pisau untuk menyembelih disiapkan khusus.

"Alat kandang potong baru digunakan tahun ini, ini lebih mudah, dan lebih aman, dan menggunakan golok khusus yang hanya sekali sembelih" Sebutnya.

Dijelaskan Algu, harapannya disuasana Covid 19 ini daging kurban yang diberikan dapat mengurangi beban warga dalam pemenuhan pangan di masa Covid 19, dan tahun depan dosen dan karyawan yang berniat kurban dilimpahkan rezekinya, dan tiap tiap fakultas turut serta berkurban.

Dalam pelaksanaan pemotongan kurban ini petugas diperiksa suhu tubuh dan wajib menggunakan masker serta memperhatikan protokol kesehatan.

Berita Lainnya

Index