BI Pilih Dompet Dhuafa Riau Sebagai LAZ Unggulan di Provinsi Riau, Untuk Maju Ke Regional Sumatera


PEKANBARU,  RIAUREVIEW.COM --Gaya hidup masyarakat dalam mengkonsumsi barang dan jasa bersertifikat halal yang terus meningkat serta bertambahnya global player dalam memasok rantai nilai halal dunia (Global Halal Value Chain) membuat ekonomi syariah menjadi penting. Berbagai inovasi terus dihadirkan Dompet Dhuafa guna menghadirkan berbagai progam kebaikan bersama para donatur dan penerima manfaat dalam mengangkat martabat kaum dhuafa di Indonesia. Komitmen dan inovasi itu akhirnya membuat Dompet Dhuafa melalui cabang Riau, pada Rabu (09/9/2020) menerima penghargaan dari Bank wilayah Riau sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Unggulan.

Penghargaan tersebut diberikan pada acara Indonesia Sharia Economic Festival 7th dengan Tema Riau Sharia Week 2020 yang diselenggarakan di Hotel Pangeran 26 Agustus lalu. Penghargaan ini juga menghantarkan Dompet Dhuafa Riau untuk bersaing dalam ajang pemilihan LAZ Unggulan Regional Sumatera di Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada Rabu (16/09/2020) yang akan datang.

Pimpinan Dompet Dhuafa Riau, Ali Bastoni, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bank Indonesia atas penghargaan tersebut. Juga para donatur yang telah mempercayakan pengelolaan ZISWAF mereka di Dompet Dhuafa Alhamdulillah, ini semua berkat doa dari para muzakki dan mustahik. Insya Allah kami akan bekerja lebih profesional lagi untuk terus berkerja agar zakat memiliki dampak".

Pangsa pasar syariah yang besar dan terus bertumbuh di Indonesia, khususnya di Riau adalah peluang yang menjanjikan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai salah satu motor penggerak perekonomian dan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru yang inklusif, berkelanjutan dan mengedepankan prinsip - prinsip keadilan. Bank Indonesia Riau telah mengadakan seleksi Lembaga Amal Zakat (LAZ) yang ada di Riau dengan sangat ketat. Sebelumnya, Dompet Dhuafa Riau telah mempresentasikan Strategi Mengelola Pemberdayaan Ekonomi Produktif yang menjadi fokus penilaian Seleksi.

Dompet Dhuafa sendiri sudah lama mengembangkan progam pemberdayaan diberbagai jejaringnya di Nusantara, termasuk di Provinsi Riau. Pemberdayaan menyasar pada usaha mikro menengah untuk bisa lebih maju dan inovatif, sehingga dapat bersaing di tingkat pasar. Melalui strategi ini menjadikan Role Model dapat memberikan hasil yang terbaik bagi kesejahteraan ekonomi produktif di Riau, dan di Indonesia pada umumnya. Kemudian LAZ yang terpilih menjadi finalis diundang untuk presentasi program pengelolaan ZISWAF untuk dinilai sebagai LAZ Unggulan yang akan mewakili Riau di Festival Ekonomi Syariah di Sumatera Barat nanti.

Penghargaan tersebut, tentu tidak lepas dari peran serta dan dukungan donatur, relawan maupun para amil yang sama-sama berjuang untuk kepentingan kemanusiaan. Tetapi penghargaan tersebut bukanlah hasil akhir. Dompet Dhuafa, terus menjaga amanah-amanah para donatur dan masyarakat Indonesia. Keterbukaan dalam pengelolaan dana ziswaf, menjadi kunci keberadaan Dompet Dhuafa hingga saat ini.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 26 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.



TULIS KOMENTAR