Dapat Tambahan Dana dari Presiden, BLT UMKM Diperpanjang Hingga Desember

Dapat Tambahan Dana dari Presiden, BLT UMKM Diperpanjang Hingga Desember

RIAUREVIEW.COM --Kemenkop dan UKM menyatakan program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta untuk pengusaha mikro bakal diperpanjang hingga Desember.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman menuturkan pihaknya telah mendapat tambahan pagu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menambah target penerima sebanyak 3 juta pelaku usaha mikro menjadi 12 juta penerima.

Baca juga: Ini Cara Daftar Online Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta dan Syarat Penerimanya

"Awalnya itu target di awal 9 juta pelaku usaha mikro yang kita berikan bantuan BLT," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Menurut dia, tahap pertama yang menyasar 9 juta pelaku usaha mikro, penyerapannya baru mencapai 92 persen.

"Pada 3 hari belakangan ini penyerapannya sudah 92 persen dan bisa dibilang per hari ini sudah 100 persen, kita genjot hari ini penyerapannya," ucapnya.

Selain itu Hanung juga meminta kepada pemerintah daerah untuk segera mengusulkan para pelaku usahanya agar mendapatkan bantuan. Sehingga dengan begitu, target untuk penyerapan 12 juta bisa direalisasikan lebih cepat.

Baca juga:  Tidak Semua UMKM Dapat BLT Rp 2,4 Juta, Ini Alasannya

"Targetnya itu hingga Desember memang, tapi kalau bisa lebih cepat, yah lebih baik. Biar masyarakat bisa mendapatkan bantuan dengan cepat," katanya.[kompas.com]

Berita Lainnya

Index