Ini Dia Cara Jitu Cegah Covid-19

Juru Bicara Ners. Popi Yulia Santisa, S.Kep.

BENGKALIS, RIAUREVIEW.COM  —Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis kembali merilis update Covid-19 Kabupaten Bengkalis 19 Oktober 2020. Untuk Kabupaten Bengkalis terjadi penambahan kasus Covid-19 dengan total terkonfirmasi sebanyak 536 kasus.

Untuk isolasi mandiri gedung diklat sebanyak 10 orang, isolasi mandiri di rumah 200 orang. Sedangkan yang dinyatakan sembuh 289 orang dan meninggal dunia tercatat sebanyak 13 orang.

Demikian disampaikan Juru Bicara Penegakan Disiplin dan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Dinas Kesehatan (Diskes) Bengkalis Ners. Popi Yulia Santisa, S.Kep, Selasa (20/10/2020).

Untuk per tanggal 19 Oktober 2020 ada sekitar 40 suspek baru, suspek baru itu melakukan isolasi mandiri sebanyak 414 orang, isolasi dirumah sakit 4 orang, yang sudah selesai menjalani isolasi berjumlah 1809 orang dan suspek meninggal dunia berjumlah 9 orang, total suspek keseluruhan mencapai 2233 orang.

Untuk kondisi ini, Ners. Popi Yulia Santisa, S.Kep mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan upaya mempedomani protokol kesehatan, serta memulai pola hidup bersih dan sehat.

“Jaga pola hidup sehat, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, serta berolahraga yang rutin, kemudian istirahat yang cukup. Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Ini salah satu cara jitu mencagah Covid-19,”ujar Ners. Popi Yulia Santisa.

Lebih lanjut Ners. Popi mengungkapkan, pencegahan Covid-19 ini butuh kesadaran semua masyarakat, mari beri dukungan untuk pasien terkonfirmasi, suspek dan probable, pelaku perjalanan (PP), kontak erat dan tenaga medis. Jangan berstigma negatif terhadap mereka.

“Tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat dan keluarganya. Menjaga kerahasiaan data pasien merupakan kewajiban kita semua, sesuai Pasal 57 Undang-Undang 36 Tahun 2009 tentang kesehatan,”tutupnya.(kr)



TULIS KOMENTAR