Coffee Shop, Jadi Trend dan Peluang Bisnis Masa Kini

Coffee Shop, Jadi Trend dan Peluang Bisnis Masa Kini

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Budaya ngopi kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, tampak dari pertumbuhan kedai kopi atau coffee shop sejak beberapa tahun terakhir. Kopi tetap menjadi minuman favorit yang banyak dipesan meski sajian yang ditawarkan beragam. Berbeda dengan dulu kopi lebih menyasar pasar orang tua, kini ia menjadi milik semua kalangan dengan beragam kelas dan segala usia. Karena kepopulerannya, tak heran kini sejumlah coffee shop semakin ramai peminatnya.

Sinar Coffee, berdiri sejak April 2020 lalu. Dengan mengusung konsep rumahan industrial, menurutnya selain mudah diterima konsumen juga biayanya lebih murah. berdiri sejak awal meledak pandemi, merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi, pola ngopi telah berubah, banyak orang kini beralih mengkonsumsi di rumah.

“Awalnya kita mengambil konsep rumahan, kemudian digabungkan dengan konsep industrial, karena menurut kami lebih mudah untuk diterima konsumen juga biayanya yang lebih murah. Diawal pandemi kita tutup sementara ikuti peraturan dari pemerintah, bukan tutup beroperasi tapi tidak boleh minum di tempat, kita terima take away (dibungkus) saja sampai jam 8 malam, itu kira – kira selama 2 minggu” ujar Farhan, Owner Sinar Coffee Pekanbaru saat diwawancari pada Rabu, (13/01/2021).

Bukti berawal dari hobi, sehingga menjadi bisnis tak hanya rekayasa belaka.

“Ide awal hingga berdirinya coffe shop ini saya terinspirasi dari sering nongkrong, liat-liat coffee shop lain, dan semakin kesini semakin tertarik memulai bisnis ini” ungkap owner muda ini.

Beralamat di Jl. Ronggowarsito, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru menjadi keuntungan tersendiri, selain kawasan titik kumpul anak muda juga letaknya yang merupakan kawasan pusat kota. Ia mengaku untuk mempertahankan bisnis ini meski banyaknya persaingan saat ini tak hanya dengan mengolah konsep. Caranyanya dengan selalu menjaga rasa mempertahankan kualitas rasa, itu suatu hal yang penting.

“kami berbeda dari kedai kopi lainnya, soal rasanya beda, kami lebih mengejar ke kopi yang telah domodifikasi, dengan  varian kopi manis. Menurut kami, di Pekanbaru yang  benar – benar pecinta kopi jarang, misalnya saja kopi susu bukan lagi fokus ke kopinya karna jarang yang suka pahit, apalagi peminatnya didominasi anak muda”.

Adanya coffee shop menjadi hal yag berdampak pada kehidupan sosial, perubahan gaya hidup sehingga menjadikannya trend. kebanyakan orang pergi ke coffe shop bukan hanya sekedar minum kopi, tetapi jadi tempat bersantai dan berkumpul sembari mengerjakan tugas, kini juga menjadi titik temu bagi kolega kerja, apalagi semakin nyaman dengan tersedianya koneksi wifi.

Berita Lainnya

Index