Peminat Ikan Cupang Hias Meningkat, Pembudidaya Raup Jutaan Rupiah

Peminat Ikan Cupang Hias Meningkat, Pembudidaya Raup Jutaan Rupiah

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM --Ikan cupang akhir-akhir ini mendadak populer dengan banyaknya peminat yang berasal dari berbagai kalangan, di masa pandemi saat ini ikan cupang dapat dijadikan usaha yang menguntungkan, beragam jenis ikan cupang dengan berbagai warna yang menarik semakin menambah daya tarik para pencita ikan cupang tentunya.

Naufal Akram, bermula dari hobinya mengkoleksi ikan cupang, namun kini ia sukses menjadi pembudidaya ikan cupang dengan beragam jenis, dirumahnya di Jalan Kapau Sari Kelurahan Pematang Kapau, Kota Pekanbaru. Ia sudah menekuni usaha pembudidayaan sejak awal Januari 2017 lalu dan bermodalkan hanya Rp 500.000 dengan omset 4 hingga 10 juta perbulan.

Ia membudidayakan ikan cupang di lahan belakang rumahnya yang cukup luas, rak-rak ikan cupang tersusun rapih, tak hanya di dalam soliter Naufal juga mengembangkan ikan cupang di dalam styrofoam dan kolam miliknya serta sebagian lagi tersusun rapi di belakang pintu.

"Ikan cupang hias saya tidak hanya dijual d irumah, tetapi juga menjualnya melalui sosial media seperti instagram dan facebook. Serta melalui lelang yang sering diadakan para pencita ikan cupang hias dan selalu mengadakan kontes-kontes diberbagai daerah.

Sudah banyak piagam yang telah saya raih dari kontes kontes tersebut" ungkap Naufal akram selaku pembudidaya ikan cupang saat ditemui dikediaman pada Selasa. (12/01/2021).

 

Pelanggan Naufal tidak hanya berasal dari Pekanbaru, melainkan sampai keluar pulau Sumatera seperti Bandung, Jakarta, Bengkulu, Batam hingga keluar negeri seperti Malaysia dan banyak lagi.

Perawatan ikan cupang hanya membutuh kan air yang bersi dan pakan yang cukup serta tak lupa memberikan racikan air daun ketapang, serta rutin menganti air agar ikan cupang hias menjadi semakin menarik.

Karna ikan cupanng ini makhluk hidup dan bisa dikembangbiakan, dari waktu ke waktu sudah banyak jenis jenis ikan yang baru, kalau sekarang yang lagi trend di pasaran jenis cupang avatar,blue rim dan nemo" ujarnya sembari mengepak pesanan ikan cupang yang bakal dikirim ke luar Pulau Sumatera.

Di sisi lain, ia mengaku semua itu tidak didapatkannya secara praktis, suka duka yang telah ia lalu dari susahnya mencari pakai ikan dan banyak nya ekor ikan rusak hingga di tipu teman sendiri, namun Naufal tidak putus asa dan hingga ahir seberhasil saat ini.

"Itu sih pengalaman yang tak terlupakan selama bisnis cupang, karena pertama bisa menjual ikan ke luar negeri dan mendapatkan dollar pertama kali, seperti mimpi dan tak terbayangkan bagi saya untuk mencapai seperti itu," tambahnya.

Berita Lainnya

Index