Inilah 5 Makanan Buat Rambut Sehat dan Berkilau

Inilah 5 Makanan Buat Rambut Sehat dan Berkilau

RIAUREVIEW.COM -Untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk melakukan treatment khusus di salon atau tempat kecantikan. Cukup dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda bisa mendapatkan rambut panjang dan berkilau seperti selebriti-selebriti ternama.

Lalu apa makanan saja yang dapat menjaga kesehatan rambut? Berikut ulasan lengkapnya:

Telur

Jika Anda mendambakan rambut sehat layaknya Beyonce, Anda mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana teknik perawatannya. Menurut Dr. Glatter, untuk mendapatkan rambut yang sehat, seseorang hanya perlu mengonsumsi makanan berprotein secara rutin. Hal ini termasuk mengonsumsi olahan telur, baik direbus, digoreng, atau dibuat orak-arik.

"Telur mengandung biotin, dan vitamin B yang sangat tinggi. Nutrisi ini membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kulit kepala agar tetap sehat," tuturnya. Kendati demikian, Glatter tidak memungkiri bahwa kandungan biotin juga dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh. Tetapi di satu sisi, nutrisi ini dapat membuat kuku menjadi lebih kuat.

Kacang-kacangan (lentil dan kacang kedelai)

Selain menjadi sumber energi, kandungan serat dan protein pada kacang-kacangan juga dapat menjaga kesehatan rambut. Dr Glatter mengatakan "Kacang-kacangan seperti lentil adalah sumber protein yang bagus. Bahan makanan ini juga memberi Anda asupan zat besi yang bagus,". Ia menambahkan, kekurangan zat besi inilah yang sering menyebabkan kerontokan pada rambut.

Kayu manis

Selama ini kayu manis sering digunakan untuk membuat masakan berkuah karena menyuguhkan aroma dan cita rasa yang khas. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa kayu manis juga membantu membawa oksigen dan nutrisi penting lainnya ke folikel rambut. Alhasil, kulit kepala pun akan terangsang dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Jadi jangan ragu untuk menambahkan bubuk kayu manis ke dalam olahan oatmeal, roti panggang, dan kopi favorit Anda.

Makanan laut (salmon, kerang, sarden)

Jika Anda menginginkan nutrisi yang tepat dan terjangkau untuk menjaga kesehatan rambut, olah saja makanan laut di rumah. Beberapa jenis makanan laut seperti salmon, kerang, dan sarden dipercaya ampuh menjaga kesehatan dan kelembapan kulit kepala karena mengandung asam lemak omega-3.

"Sangat penting untuk menjaga rambut agar tetap berkilau, lebat, dan sehat. Tanpa omega-3, kulit kepala Anda bisa menjadi kering," tegas Dr. Glatter.

Alpukat

Anda mungkin sudah muak melihat teman kantor atau keluarga yang memamerkan olahan avocado toast buatan mereka di Instagram. Tapi jangan salah, kandungan vitamin E yang terdapat pada alpukat ternyata dapat memperbaiki rambut yang rusak. Tidak hanya itu, alpukat juga diperkaya vitamin B yang membantu pertumbuhan rambut.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Berita Lainnya

Index