Inilah Tips agar Tidak Lemas dan Tetap Produktif saat Berpuasa

Inilah Tips agar Tidak Lemas dan Tetap Produktif saat Berpuasa

RIAUREVIEW.COM -Lemas saat berpuasa, seharusnya jangan jadi alasan bagi Anda untuk tidak khusyuk dalam beribadah. Anda masih bisa menjalankan ibadah dengan sempurna serta menjalankan aktivitas seperti biasa, asal kebutuhan kalori sehari-hari tetap tercukupi.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr.Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, membagikan tips memilih makanan yang baik saat sebelum berpuasa. Jika Anda bisa mengatur asupan makanan Anda dengan bijak, tentunya Anda bisa tetap produktif dan tidak lemas saat berpuasa.

“Kebutuhan kalori orang dewasa berkisar antara 1.500-2.500 kkal per harinya. Kebutuhan tersebut tentu disesuaikan dengan aktivitas dan berat badang seseorang. Agar tubuh tetap fit dan tetap produktif selama berpuasa, maka tidak dianjurkan untuk mengurangi dan menambahkan asupan kalori. Anda justru harus memerhatikan asupan nutrisi supaya terhindar dari masalah kesehatan,” kata Dr.Jovita.

Selain membeberkan tentang kadar kalori yang dibutuhkan tubuh, Dr.Jovita juga menambahkan lima tips memilih makanan dan minuman yang dapat menunjang produktifitas saat berpuasa.

1. Hindari konsumsi kafein serta makanan dam minuman manis secara berlebihan

2. Untuk pemenuhan kebutuhan energi, pilih karbohidrat kompleks dari makanan berbahan gandum, buah-buahan seperti pisang dan umbi-umbian.

3. Untuk menghindari rasa begah, hindari mengonsumsi gorengan dan santan berlebih saat berbuka.

4. Untuk mencegah sembelit, penuhi kebutuhan serat harian dari sayur-sayuran.

5. Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, penuhi kebutuhan cairan dengan meminum air minimum delapan gelas. Dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas setelah makan malam dan dua gelas sebelum tidur.

Dr.Jovita berpesan supaya masyarakat menghindari makanan yang berminyak. Pasalnya makanan berminyak akan mempermudah pengosongan lambung yang akan menyebabkan asam lambung naik. Minuman berkarbonasi juga wajib dihindari saat sahur. Ia menilai alangkah baiknya jika mengganti minuman tersebut dengan susu.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Berita Lainnya

Index