Ulama Top Iran: Jika Israel Bertindak Tolol Tel Aviv Hancur

Ulama Top Iran: Jika Israel Bertindak Tolol Tel Aviv Hancur

TEHERAN, RIAUREVIEW.COM - Seorang ulama terkemuka Iran mengatakan bahwa Tel Aviv dan Haifa akan hancur jika Israel berperilaku "tolol". Sementara itu, pemerintah Teheran berjanji akan meningkatkan pembuatan rudal meskipun ada kecaman dari Barat. 

Komentar ulama bernama Ahmad Khatami itu disampaikan dalam khotbah salat Jumat di Universitas Teheran yang disiarkan stasiun televisi pemerintah. Pada hari yang sama, ribuan warga Iran turun ke jalan dalam demo anti-Israel dan anti-Amerika Serikat (AS).

"Kami akan memperluas kemampuan rudal kami meskipun ada tekanan Barat (untuk mengekangnya) untuk membiarkan Israel tahu bahwa jika (negara) itu bertindak tolol, Tel Aviv dan Haifa akan hancur total," kata Khatami yang dikutip Reuters, Sabtu (12/5/2018).

Sebelumnya, militer Israel mengklaim telah menghancurkan sebagian besar aset militer Iran di Suriah dalam serangan Kamis dini hari. Serangan sekitar 70 rudal itu dengan dalih sebagai pembalasan atas tembakan 20 roket Iran ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Khatami juga mengecam AS setelah Presiden Donald Trump pada Selasa lalu mengumumkan penarikan diri Washington dari kesepakatan nuklir Iran—yang dikenal sebagai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). Menurut ulama tersebut, tindakan Trump menjadi bukti bahwa AS tidak dapat dipercaya.

"Para penandatangan Eropa ini juga tidak dapat dipercaya ... musuh-musuh Iran tidak dapat dipercaya," ujar Khatami.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pada Kamis pagi, jet tempur F-15 dan F-16 membombardir basis-basis Iran di Suriah dengan lebih dari 60 rudal. Serangan besar-besaran ini dilaporkan menewaskan sekitar 23 orang.

Berita Lainnya

Index