Para Ahli Ungkap Cara Meminimalisir Bau Mulut Saat Berpuasa

Para Ahli Ungkap Cara Meminimalisir Bau Mulut Saat Berpuasa

RIAUREVIEW.COM -Menjaga kebersihan mulut sangat penting selama menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, bau mulut menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang, sehingga dapat menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu kenyamanan orang-orang sekitar.

Untuk menyiasatinya, sejumlah dokter gigi merekomendasikan untuk membilas mulut dengan air atau obat kumur. Mereka menjelaskan bahwa secara teknis tindakan tersebut tidak akan membatalkan puasa selama Anda tidak menelan cairan apa pun.

Rachael England, ahli kebersihan gigi di Dentist Direct, Dubai, menungkapkan beberapa saran lebih lanjut tentang bagaimana menjaga mulut agar terhindar dari bau tak sedap selama berpuasa. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari Khaleejtimes.

Perbanyak minum air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang banyak pada jam-jam sahur. Hindari pula makanan dan minuman yang dapat memicu bau mulut seperti mekanan yang mengandung garam dan kafein.

Sikat gigi 2 kali sehari

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan gigi dalam keadaan bersih dari kuman dan sisa-sisa makanan. Rachel menyarankan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, dan lakukan sesaat sebelum tidur dan setelah menyantap makanan sahur. Umumnya, bau mulut berasal dari lidah, jadi gunakanlah alat pembersih lidah untuk menghilangkan bau mulut.

Hindari makanan yang terlalu manis saat berbuka

Berbukalah dengan yang manis. Banyak yang mengira bahwa kalimat tersebut berasal dari sebuah hadis. Namun pada kenyataanya, yang disebutkan secara eksplisit di dalam hadis adalah berbuka dengan ruthab, yaitu kurma segar yang baru dipetik. Fakta ilmiah menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan manis yang terlalu banyak justru dapat menimbulkan bau mulut yang tak sedap. Maka disarankan agar Anda mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan .

Hindari rokok

Mengurangi asupan nikotin selama berpuasa tidak hanya ampuh menghindari Anda dari bau mulut, namun bisa membantu Anda untuk berhenti dari kebiasan merokok.

Mencuci mulut secara berkala

Cara ini dinilai ampuh untuk menghindari bau mulut di siang hari . Selain itu gunakan oral probiotik untuk mengisi bakteri sehat dan menjaga kesehatan gigi yang baik.

Lakukan pengecekan gigi secara rutin

Jangan lupa untuk menemui dokter gigi dan ahli higienis secara teratur agar kebersihan mulut tetap terjaga dengan baik

Berita Lainnya

Index