Dari Ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia, Unilak Peringkat 115 Nasional Simkatmawa 2021

Dari Ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia, Unilak Peringkat 115 Nasional Simkatmawa 2021

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM ---Diakhir tahun 2021, kabar baik menghampiri Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru dalam program Sistem Informasi Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) yang telah diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI tahun 2021.

Kampus yang berada di kota Pekanbaru ini  berhasil menduduki peringkat 115 nasional dari ribuan Perguruan Tinggi yang masuk pemeringkatan (Simkatmawa) yang telah diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI tahun 2021 di laman Simkatmawa.kemendikbud.go.id hari Selasa(7/12/2021).

"Tahun ini Unilak naik peringkat di posisi 115 nasional dalam Simkatmawa, atau naik 29 tingkat dibandingkan tahun lalu, dengan kategori perguruan tinggi Non Vokasi. Dan Unilak masuk liga 2 untuk perguruan tinggi dengan mahasiswa aktif di atas 10.000-18.000 mahasiswa." ujar Dr. Bagio Kadaryanto SH. MH Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Jum'at 10/12/2021.

Dalam pengumuman itu Kemendikbud Ristek itu memberikan pengkategorian Perguruan Tinggi, liga satu merupakan Perguruan Tinggi  dengan jumlah mahasiswa aktif di atas 18.000, Liga 2 untuk perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa aktif 10.000-18.000, dan liga tiga untuk Perguruan Tinggi mahasiswa aktif dengan jumlah dibawah 10.000.

Sementara untuk peringkat di Liga 2 Unilak berada diperingkat 60 untuk Perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa aktif 10.000-18.0000 dengan predikat baik, untuk peringkat nasional (universitas) Unilak berada di 115. Sebagai informasi pada tahun 2020 Unilak berada di 144 nasional.

"Alhamdulillah tahun Unilak ini naik peringkat, dan dengan predikat baik. Tentunya ini tidak lepas dari pembinaan berkelanjutan yang dilakukan dan mendukung program-program kemahasiswaan, prestasi yang diraih mahasiswa Unilak juga mendorong naiknya pemeringkatan Unilak" ujar Dr. Bagio.

Dikatakan Dr Bagio hasil ini adalah prestasi bagi mahasiswa Unilak, terima kasih kepada mahasiswa dan ormawa di lingkungan Unilak yang telah banyak meraih prestasi diberbagai ajang kompetisi.

"Harapannya kedepannya Unilak terus mampu meningkatkan pemeringkatan, dan mahasiswa Unilak semakin banyak yang berprestasi di berbagai ajang kompetisi,  harap  Dr. Bagio Kadaryanto.

Kemdikbud Ristek dalam melakukan pemeringkatan berdasarkan komponen penilaian lima aspek, yaitu manajemen institusi, MBKM/non lomba, prestasi mandiri, rekognisi dan pelatihan mental kebangsaan serta kegiatan Belmawa Kemdikbud. Seluruh kegiatan tersebut dalam satu tahun kemudian dihitung dan diberikan nilai. (Rls)

Berita Lainnya

Index