Hari Kamis, Muslim Seluruh Dunia Mulai Berpuasa

Hari Kamis, Muslim Seluruh Dunia Mulai Berpuasa

JAKARTA, RIAUREVIEW.COM -Kementerian Agama Republik Indonesia pada Selasa malam telah memutuskan bahwa awal Ramadhan jatuh pada hari Kamis esok. Namun, ternyata tidak hanya Indonesia yang akan memulai berpuasa pada hari Kamis.

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan pada Selasa malam bahwa Kamis akan menjadi hari pertama Ramadhan. Selain Arab Saudi negara macam Uni Emirat Arab, Bahrain, Mesir, Libanon, Yordania, Irak dan Maroko termasuk di antara negara-negara Arab yang juga mengumumkan dimulainya Ramadhan pada Kamis.

Secara internasional, Muslim di Inggris, Amerika Serikat, Malaysia, Australia, Korea Selatan, Jepang dan Singapura juga akan mulai berpuasa pada hari Kamis yang dilansir sindonews.

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Selama Ramadhan, umat Islam menjauhkan diri dari makan, minum dan hubungan seksual dari fajar hingga senja. Ini merupakan latihan menahan diri, yang dimaksudkan untuk menambah keimanan umat Muslim.

Pada akhir Ramadhan, umat Muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri yang jamak disebut sebagai hari kemenangan. Penentuan jatuhnya hari raya Idul Fitri ini sama seperti penentuan awal Ramadhan di mana dilakukan pengamatan terhadap munculnya bulan baru di langit pada hari-hari akhir Ramadhan.

Berita Lainnya

Index