Rusia Gunakan Rudal Hipersonik di Ukraina, Jadi yang Pertama di Dunia

Rusia Gunakan Rudal Hipersonik di Ukraina, Jadi yang Pertama di Dunia

RIAUREVIEW.COM --Rusia menggunakan rudal hipersonik terbarunya, Kinzhal untuk menghancurkan tempat penyimpanan rudal dan amunisi bawah tanah di Ukraina barat, dekat perbatasan dengan Rumania. Menurut para analis, ini adalah penggunaan pertama senjata semacam itu di dunia.

Kementerian Pertahanan Rusia membuat pengumuman penggunaan senjata canggih tersebut pada hari Sabtu (19/3/2022), hari ke-24 invasi Rusia ke Ukraina.


Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (19/3/2022), Rusia selama ini belum pernah mengakui menggunakan senjata presisi tinggi dalam pertempuran.


Kantor berita Rusia, RIA Novosti mengatakan itu adalah penggunaan pertama senjata hipersonik Kinzhal (Belati) selama konflik di Ukraina.


"Sistem rudal penerbangan Kinzhal dengan rudal aerobalistik hipersonik menghancurkan gudang bawah tanah besar yang berisi rudal dan amunisi penerbangan di desa Deliatyn di wilayah Ivano-Frankivsk", kata Kementerian Pertahanan Rusia.


Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut rudal yang diluncurkan dari udara Kinzhal sebagai "senjata ideal" yang terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara dan dapat mengatasi sistem pertahanan udara.


Rudal Kinzhal adalah salah satu dari serangkaian senjata baru yang diungkapkan Putin dalam pidato kenegaraannya pada tahun 2018.


Rudal hipersonik dapat digunakan untuk mengirimkan hulu ledak konvensional, lebih cepat dan tepat daripada rudal-rudal lainnya. Namun, kapasitas rudal tersebut untuk mengirimkan senjata nuklir dapat menambah ancaman suatu negara, meningkatkan bahaya konflik nuklir.


"Ini adalah kasus pertama penggunaan senjata hipersonik dalam pertempuran di dunia," kata analis militer Vasily Kashin kepada AFP.


Diketahui bahwa Rusia memimpin dalam hal senjata hipersonik, diikuti oleh China dan Amerika Serikat, dan beberapa negara lain sedang mengerjakan teknologinya.


Kashin, kepala Pusat Studi Eropa dan Internasional Komprehensif di Sekolah Tinggi Ekonomi Moskow, mengatakan bahwa dibandingkan dengan rudal jelajah, senjata hipersonik lebih efisien dalam menghancurkan tempat-tempat penyimpanan bawah tanah.


"Sebuah rudal hipersonik dapat memiliki penetrasi dan daya rusak yang lebih tinggi karena kecepatannya yang sangat tinggi," katanya.


Seperti rudal jelajah yang jauh lebih lambat dan seringkali subsonik, rudal hipersonik dapat bermanuver, membuatnya lebih sulit untuk dilacak dan dipertahankan.

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index