Masa Kelola Pasar Sail Berakhir, Pemko Pekanbaru Pertimbangkan Pakai Pihak Ketiga

Masa Kelola Pasar Sail Berakhir, Pemko Pekanbaru Pertimbangkan Pakai Pihak Ketiga

PEKANBARU, RIAUREVIEW.COM ---Masa kelola Pasar Sail oleh pihak ketiga sudah berakhir pada Juni 2022. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kini masih mempertimbangkan untuk pengelolaan kedepannya.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, beberapa pasar sudah habis masa kerja samanya. Salah satunya Pasar Sail. Pemerintah kota masih mempertimbangkan apakah masih menggunakan pihak ketiga untuk pengelolaan kedepannya.

"Kami akan kembali mencari investor. Tapi, kami harus mengkaji dahulu mana lebih banyak untungnya dikelola dinas atau diserahkan pengelolaannya ke pihak ketiga," ujar Muflihun, Rabu (24/8/2022).

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru ternyata menyerahkan pengelolaan pasar kepada pihak ketiga sejak tahun 2000-an. Dua pasar yang dikelola sudah habis masa pengelolaannya oleh pihak ketiga yaitu Pasar Bawah dan Pasar Sail.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil dalam sidang paripurna agenda jawaban pemerintah atas tanggapan fraksi-fraksi terhadap pelaksanaan APBD 2021, Selasa (28/6/2022), mengatakan, ada lima pasar yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Dari lima pasar tersebut ada dua pasar yang pengelolaannya sudah dan akan habis.

"Pengelolaan pasar yang telah habis masa pengelolaannya oleh pihak ketiga pada Mei 2022 adalah Pasar Bawah. Sedangkan pengelolaan Pasar Sail berakhir pada bulan Juni ini," terang Jamil.

Kedua pasar tersebut melakukan pembayaran kontribusi di awal masa pengelolaan pada tahun 2000. Hanya tiga pasar yang secara berkesinambungan memberikan kontribusi setiap tahun.

"Tiga pasar ini melakukan pembayaran dengan besaran yang telah ditentukan dalam perjanjian kerja sama," ucap Jamil.

Akibat dampak Covid-19, ketiga pasar tersebut terkendala likuiditas keuangan untuk melakukan pembayaran kontribusi. Sehingga, tiga pengelola pasar mengajukan relaksasi pembayaran kepada walikota.
 

 

 

Sumber: riauaktual.com

Berita Lainnya

Index