Mudah Ditemukan! 5 Tanaman Ini Bermanfaat Loh untuk Kesehatan

Mudah Ditemukan! 5 Tanaman Ini Bermanfaat Loh untuk Kesehatan

RIAUREVIEW.COM -Tanaman yang tumbuh di sekitar kita ada yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Tanaman yang biasa disebut tanaman obat atau apotek hidup itu, bisa dikonsumsi, menyembuhkan keluhan kesehatan, dan memulihkan kondisi tubuh seperti sedia kala.

Beberapa tanaman obat tersebut beberapa di antaranya tumbuh dengan subur di Indonesia dan beruntungnya bisa dengan mudah ditemukan. Dilansir dari okezone, berikut sederet tanaman obat yang bisa dimanfaatkan bagi kesehatan.

1. Lidah buaya

Lidah buaya yang zaman sekarang lebih terkenal dengan produknya yang berupa gel, ternyata meskipun masih berupa tanaman, lidah buaya dijadikan sebagai obat tradisional di India yang kerap digunakan untuk mengobati sembelit, penyakit kulit, obat penyakit jamur, dan di dunia barat lidah buaya lebih dijadikan bahan baku kosmetik.

2. Kunyit

Selain jadi rempah-rempah dalam masakan, kunyit juga bermanfaat bagi tubuh manusia, dan sudah dijadikan sebagai obat herbal sekira 4.000 tahun lalu. Kunyit biasanya berguna sebagai suplemen, memperlambat dan mencegah pembekuan darah, mengurangi peradangan, meredakan nyeri, menyembuhkan masalah pencernaan, bahkan melawan kanker.

3. Jahe

Jahe pun bisa Anda tanam di halaman rumah, bisa dengan menggunakan pot atau ditanam langsung di tanah. Manfaat jahe yang bisa Anda rasakan bagi kesehatan, di antaranya meredakan gangguan pencernaan dan mual, mengobati sakit maag, meningkatkan fungsi pernapasan dan kekebalan tubuh, bahkan menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Marigold

Bunga marigold banyak tumbuh di beberapa desa di Bali. Bunga yang berwarna kuning ini ternyata tidak hanya indah dan mencolok saja, tapi ramuannya juga bisa menyembuhkan kulit yang terbakar, berjerawat, menyembuhkan bisul, dan mengobati masalah pencernaan.

5. Krokot

Sebagian besar pencinta burung hias, tentu mengenal krokot sebagai pakan jangkrik. Padahal, krokot adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat stroke, karena kandungan omega 3 yang tinggi daripada sayuran atau tanaman hijau lainnya. Bagian krokot yang bisa diolah, di antaranya daun dan bunganya. Meskipun lebih terkenal sebagai pakan jangkrik, tapi krokot merupakan tanaman liar yang mengandung sedikit kalori, kaya serat, vitamin, asam lemak, omega 3, dan mineral.
 

Berita Lainnya

Index