Literasi Pemasaran Online Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Sebagai Tulang Punggung Keluarga

Literasi Pemasaran Online Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Sebagai Tulang Punggung Keluarga

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Ibu rumah tangga menjadi bagian penting dalam keluarga, sejahtera dan tidaknya rumah tangga dalam artian kebahagian keluarga juga tidak akan terlepas dari peran ibu rumah tangga. Hal ini menjadi kata kunci dalam rumah tangga peran ibu rumah tangga dalam kehidupan berkeluarga. Namun apalah daya bila ibu rumah tangga yang idealnya mengurus rumah tangga, sedangkan untuk mencari nafkah adalah ayah atau kepala rumah tangga sudah digantikan perannya?. 
 

Hal ini yang dialami oleh anggota kelompok usaha bersama graha permai, yang beralamat di komplek graha rawa bangun jalan suka karya panam pekanbaru. Selain sebagai ibu rumah tangga mereka adalam perempuan tangguh yang sekaligus menjadi tulang punggung keluarga.
 

Keseharian mereka selain mengurus rumah tangga seperti memasak, mencuci dan mengurus anggota rumah tangga seperti anak sekolah dan anggota keluarga yang sakit juga disibukkan dengan berprofesi sebagai pencari nafkah, yakni dengan berjualan produk jajanan dan makanan yang dibutuhkan keluarga di masyarakat. Produk yang dihasilkannya seperti berjualan ketan goreng, susu kedelai, berjualan lontong dan juga produk makanan frozen food yang memang mereka lakukan dalam rangka mendapatkan penghasilan keluarga.
 

Melihat kondisi seperti demikian tim pengbadian dari unilak yakni dari FEB unilak mengadakan penyuluhan dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi seperti omset penjualan yang relative kecil dan juga kesinambungan usaha yang masih diragukannya. Tim pengabdian melakukan kunjungan ke kelompok usaha dengan memberikan solusi yakni memperkenalkan cara memasarkan produk secara online, seperti dengan menggunakan degodego, mereka diperlihatkan cara kerja berjualan online dan diberikan penjelasan cara mendaftar sebagai member pada aplikasi tersebut.
 

Setelah mengikuti penyuluhan yang dilakukan tim, anggota merasa senang dan antusias mengikutinya serta bersemangat untuk mencoba memasarkan produk yang dihasilkan melalui pemasaran online, hal ini dengan maksud dapat menambah omset penjualan mereka, sehingga dalam menanggung kebutuhan keluarga dapat semakin ringan dirasakan. (Rls)
 

 

Berita Lainnya

Index