Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Publikasi Ilmiah Berbasis Riset Observasi

Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Publikasi   Ilmiah Berbasis Riset Observasi

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning (FIA Unilak), baru-baru ini melaksanakan pengabdian masyarakat kepada tenaga pendidik/ guru di SMA Negeri 1 Tualang Kabupaten Siak. Kegiatan mengambil judul Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Publikasi   Ilmiah Berbasis Riset Observasi.

Dosen FIA Unilak terdiri atas Dr Dian Rianita MA, Alexsander Yandra SIP MSi, Khuriyatul Husna SSos MPA dan Adia Ferizko MSi. Selain berperan sebagai pengajar dan pendidik, guru juga memiliki kewajiban untuk melakukan publikasi karya ilmiah sebagai bagian dari pengembangan professional guru yang berkelanjutan.

“Hal ini menjadi tugas tidak mudah karena masih banyaknya para guru yang memiliki anggapan bahwa menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya merupakan kegiatan yang menyulitkan. Keadaan ini antara lain disebabkan karena kurangnya pengetahuan terkait dengan penulisan karya ilmiah yang baik dan benar  serta ketidak-mampuan menemukan ide atau topik untuk artikel mereka,” demikian dikatakan Dian.

Kondisi ini katanya, menyebabkan artikel yang dihasilkan kurang bermutu dan terkesan tidak memberikan pembaharuan bagi para pembacanya. Padahal topik yang paling sederhana bisa diperoleh dari observasi pembelajaran di kelas dan dapat menjadi kajian yang sangat signifikan.

“Guru sebagai pendidik dan pengajar harus berperan serta dalam diskusi ilmiah dengan rekan sejawat di belahan dunia manapun. Salah satu diantaranya melalui penyebaran ilmu pengetahuan berbasis online journal system (OJS). Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan kondisi tersebut diatas untuk memberikan pelatihan dan berbagi ilmu tentang penulisan artikel ilmiah berbasis observasi, termasuk mengunggahnya dalam jurnal yang dituju,” jelas Dian.

Kegiatan ini nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti sehingga bermanfaat bagi mitra dalam kegiatan ini yaitu khususnya guru – guru SMA Negeri 1 – Tualang – Perawang Timur. Hasilnya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pelaksana memberikan pengetahuan tambahan kepada guru-guru peserta pelatihan. Hal ini disebabkan materi yang diberikan sangat relevan dengan kebutuhan mereka dan pada saat bersamaan juga memberikan dorongan kepada mereka untuk mengenal lebih jauh proses penerbitan artikel dalam jurna elektronik yang berbasis OJS.

Dari pelaksanaan kegiatan kepada masyarakat ini, maka pelatihan terkait publikasi ilmiah sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan. Penelitian berbasis observasi kelas adalah penelitian yang paling menarik dilakukan oleh para guru mengingat mereka akan terus melakukan peningkatan pembelajaran yang dapat mereka sebar-luaskan secara nasional melalui publikasi. Guru dapat terus meningkatkan pengetahuannya terkait sistem publikasi berbasis elektronik, sehingga mereka dapat melakukan proses penyerahan artikel dan memantau perkembangan artikel yang mereka serahkan.

Berita Lainnya

Index