Selama 14 Hari Operasi Lancang Kuning, Siap-siap 'Diciduk' Polisi di Jalanan Pekanbaru

Selama 14 Hari Operasi Lancang Kuning, Siap-siap 'Diciduk' Polisi di Jalanan Pekanbaru
Ilustrasi

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Selama 14 hari nantinya Polresta Pekanbaru akan menggelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023. Kegiatan tersebut akan dilakukan mulai 7 Februari 2023 hingga 20 Februari 2023.

Operasi tersebut guna menciptakan kondisi keamanan dan keselamatan lalu lintas di jalanan Kota Pekanbaru menjelang Idulfitri 1444 H tahun 2023.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Birgitta Atvina Wijayanti mengungkapkan, nantinya petugas akan melakukan mobile di lapangan. Apabila nantinya ada pengendara yang melanggar akan dilakukan peneguran.

"Ini bersifat mobile, jadi nanti petugas keliling di jalanan Kota Pekanbaru dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan harapan menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," kata Birgitta, Kamis (2/2/2023).

Tidak hanya itu, Birgitta juga mengungkapkan bahwa dibentuk juga Tim Satgas dalam operasi itu, yang mana nantinya petugas juga akan berada di beberapa titik wilayah Kota Pekanbaru.

"Jadi ada juga nanti polisi yang stay di suatu jalanan di Kota Pekanbaru. Selain mobile, petugas juga berdiam di suatu ruas jalan dalam operasi tersebut," ungkapnya.

Kata Birgitta, adapun yang menjadi sasaran prioritas Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 yakni pelanggaran yang kasat mata dan berpotensi terhadap tingkat fatalitas korban kecelakaan.

Seperti tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus lalu lintas, menggunakan knalpot brong, berboncengan lebih dari satu, berkendara melebihi batas kecepatan, pengendara dibawah umur, berkendara dibawah pengaruh alkohol dan menggunakan handphone saat berkendara.

"Kami akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif terlebih dahulu. Imbauan dan peneguran yang kami utamakan, untuk tidakan penegakan penilangan upaya terakhir kami," pungkasnya.

 

 

 

Sumber: cakaplah.com

Berita Lainnya

Index