Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Kampus Unilak Gelar Aksi Keliling Angkut Sampah di CFD

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Kampus Unilak Gelar Aksi Keliling Angkut Sampah di CFD

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM --Sejumlah mahasiswa dan juga dosen Universitas Lancang Kuning (Unilak) mengadakan bersih-bersih di area Car Free Day di Pekanbaru. Lebih dari 50 Kg sampah diangkut di peringatan Hari Peduli Sampah Nasional.

Momentum Hari Peduli Sampah Nasional dilakukan bersama sejumlah instansi baik Dinas Perpustakaan Arsip Riau, dosen dan masyarakat bank sampah.  Ada pula dari sejumlah siswa dan mahasiswa dilibatkan.

"Peringatan Hari Sampah Nasional secara khusus kami adakan di acata Car Fee Day bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Arsip Riau. Kami melakukan edukasi pada warga yang ada di Car Free Day, kemudian kepada siswa siswa sekolah," kata Kaprodi Magister Manajemen Pascasarjana Unilak, Jeni Wardi mewakili Rektor Unilak, Minggu (26/2/2023).

Beberapa rangkain HPSN yaitu senam sehat, edukasi satwa liar, mewarnai untuk anak, mendongeng dan kegiatan literasi lainnya. Pada kesempatan itu, mahasiswa, dosen dan semua yang terlibat mengelilingi Jalan Jenderal Sudirman dan Gajah Mada. Mereka beramai-ramai memungut sampah yang ada di area Car Free Day.

Memungut sampah, kata Jeni, merupakan rangkaian dari banyak kegiatan yang telah dilakukan dalam peringatan HPSN 2023.

"Hari ini kita memungut sampah bersama, ada mahasiswa, pengelola bank sampah, dosen Pascasarjana Unilak, LPPM Unilak, pegawai dan mahasiswa generasi Indonesia baru (Genbi Unilak) yang juga dilibatkan," katanya.

Jeni menyebut sesuai Program Rektor Dr Junaidi, Unilak sangat konsen mengatasi mengatasi persoalan sampah. Terutama masalah lingkungan yang terjadi di Bumi Melayu.

"Kami tentunya berharap aksi simpatik peduli lingkungan dan peduli sampah ini akan dapat membuat masyarakat ikut ambil bagian dan peduli, maka setiap sampah yang dihasilkan oleh kita maka menjadi tanggung kita, sampah ku adalah tanggung jawabku," katanya.

Usai pemungutan, setidaknya ada lebih 50 Kg sampah diangkut. Sampah-sampah itu terdiri dari kertas, botol hingga plastik yang sulit terurai.

Selanjutnya sampah yang dipungut dibawa ke bank sampah untuk dipilah. Di mana ada sejumlah bank sampah di Pekanbaru yang merupakan binaan Unilak dan fokus pada persoalan lingkungan.

Diketahui Hari Peduli Sampah Nasional 2023 adalah hari nasional yang diperingati pada tanggal 21 Februari 2023. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) penting dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah yang dihasilkan setiap tahunnya.

Berita Lainnya

Index