Unilak Wisuda ke 66, Kepala LLDIKTI Wilayah X Doakan Lancang Kuning Raih Akreditasi A

Unilak Wisuda ke 66, Kepala LLDIKTI Wilayah X Doakan Lancang Kuning Raih Akreditasi A

PEKANBARU,BEDELAU.COM -Universitas Lancang Kuning (unilak) Riau mengelar wisuda sarjana ke 66 dan Magister ke 16 di Labersa hotel Kamis.16//03/2022. Pelaksanaan wisuda kental dengan budaya Melayu, diawali dengan kesenian Pencak Silat, arakan kompang, serta tepuk tepung tawar kepada seluruh wisudawan/wisudawati.

Prosesi wisuda yang dilakukan dalam sidang senat terbuka dipimpin oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi, SS.M.Hum turut hadir Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji, Prof Irwan Effendi, Wakil Rektor I Dr Zamzami.M.Kom Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH,MH, Senat Universitas, dekan, Gubernur Riau yang diwakili oleh Assisten III Jhoni Irwan SH MH,  Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma S.H.M.Pd

Dalam sambutannya Rektor Unilak Dr Junaidi yang juga ketua senat mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi dan semoga ilmu yang diraih memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam karir dan kehidupan di tengah masyarakat. Kami ingin mengucapkan selamat dan rasa bangga kepada orang tua wisudawan, terimakasih atas dukungan orang tua selama ini sehingga anak bapak/ibu akhirnya sampai pada gelar sarjana dan Magister

"Semenjak Unilak didirikan pada tanggal 09 juni 1982 hingga saat ini telah memiliki alumni S1 30. 808 orang dan S2 1.420 orang" ucap Dr Junaidi

Pada wisuda sarjana ke 66 dan magister ke 16 ini, Unilak mewisuda sebanyak 648 wisudawan/wati, dengan wisudawan sarjana strata 1 sebanyak 457 orang dan magister strata 2 sebanyak 191 orang.

Dengan rincian Pascasarjana, 191 orang, Fakultas Ilmu Administrasi 45 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 98 orang, Fakultas Teknik 58 orang, Fakultas Pertanian 41 orang, Fakultas Hukum 36 orang, Fakultas Ilmu Budaya 60 orang, Fakultas Ilmu Komputer 52 orang dan Fakultas Pendidikan dan Vokasi 33  orang.Diawal tahun 2023 menjadi lompatan prestasi bagi Unilak prestasi di tingkat Riau, nasional, dan internasional didapatkan baik bidang akademik dan non akademik.

Menjawab tantangan dan kebutuhan saat ini, Unilak membuka 9 prodi baru, dari yang sebelumnya sebanyak 21 prodi, saat ini telah ada 30 prodi. Yaitu ; Prodi Bisnis Digital; Prodi Desain Interior ; Prodi Pendidikan Khusus; Prodi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif; Prodi Teknologi Hasil Pertanian; Prodi Magister Ilmu Lingkungan; Prodi Magister Pedagogi; Prodi Mekatronika dan Prodi Pendidikan Bahasa Melayu" sebut Dr Junaidi.

"Alhamdulillah, 21 Prodi unilak lolos untuk melaksanakan RPL (Rekognisi Pembelajar Lampau) semester ganjil tahun ajaran 2023-2024. RPL ini adalah penyetaraan akademik atas capaian pembelajaran formal dan non formal maupun pengalaman kerja yang diperoleh seseorang, sehingga dengan ini hasil belajar sebelumnya dari pengalaman kerja, pelatihan diakui melalui assesmen dan rekognisi untuk memperoleh sks/kredit. Unilak menjadi kampus ke 14 se indonesia yang mendapatkan izin pelaksanaan RPL dan menjadikan kampus pertama di pulau sumatera. Prestasi lainnya yaitu di bidang Penelitian dan Pengabdian Unilak naik peringkat dari perguruan tinggi klaster madya menjadi Perguruan Tinggi Klaster Utama, " jelas Dr Junaidi.

Prosesi wisuda Unilak berbeda dengan kampus lain pada umumnya, dimana sebagai wujud rasa bangga kepada orang tua/keluarga, Unilak mengundang para orang tua dan wisudawan untuk tampil kedepan berfoto bersama dengan pimpinan Unilak.

Sebagai pemuncak wisuda ke 66 Unilak yaitu Pascasarjana Unilak Mangara Sijabat IPK 4, Fakultas Hukum Vildese Pasaribu IPK 3,66, Fakultas Kehutanan Alyani Shadrina IPK 3,68, Fakultas Ilmu Administrasi Publik Hermanto IPK 3,76; Fakultas Teknik Mayori IPK 3,81, Fakultas Ilmu Budaya Azzahra Syafiik IPK 3, 83; Fakultas Pertanian Muhammad Wahyu Hidayat IPK 3,87; Fasilkom Yunnikke Syahmi IPK 3,93; FEB Cindy Nur Indah Sari IPK 3,93; Dan Fadiksi Monica Octavya IPK 3,99. Kes…
Unilak Riau - Wisuda merupakan momen istimewa bagi mahasiswa setelah berjuang menyelesaikan studi. Wisuda kerap dimaknai sebagai gerbang baru menuju kehidupan yang sesungguhnya, yakni kehidupan dunia pekerjaan.

Begitu pentingnya arti wisuda, tak heran banyak orang tua, keluarga merayakannya dengan rasa haru, bangga dan bahagia. Seperti yang dilakukan oleh orang tua dari Sumaiyah Wisudawati Unilak Riau yang merupakan warga negara Thailand. Kedua orang tua yang di cintai datang jauh dari Pattani Thailand ke bumi Lancang Kuning.

Zakaria (ayah) dan Salmah (ibu) dari Sumaiyah tampak senang saat hadir di wisuda Unilak ke 66, dengan menggunakan busana Melayu ia mendapatkan tempat istimewa di ruang wisuda di hotel Labersa.

Kebahagian Sumaiyah dan kedua orang tua semakin bertambah, saat Rektor Unilak Prof Dr Junaidi memperkenalkan mereka serta berdialog didepan ratusan peserta wisuda. Saat itu Rektor Unilak memperkenalkan Sumaiyah adalah warga negara Thailand yang kuliah di Fakultas Ilmu Budaya. Sontak ribuan undangan yang hadir langsung bertepuk tangan.

Tak hanya itu diminta Prof Dr Junaidi, Sumaiyah kemudian memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Thailand dan disambut antusias oleh tamu dan Undangan.

Ditemui saat di Wisuda Sumaiyah telah menjadi mahasiswi Unilak sekitar 5 tahun lalu menempuh pendidikan di Prodi Sastra Daerah, FIB, dan tepatnya di hari Kamis, 16/03/2023 ia telah resmi menyandang gelar sarjana.

"Senang rasanya bisa menjadi sarjana Unilak, IPK 3,65, saya anak ke 2 dari 6 bersaudara, orang tua tiba di Pekanbaru hari Minggu lalu, sebelum di wisuda, Allhamdulillah saya sudah diterima menjadi guru di Thailand di sekolah agama swasta. " Ucapnya.

Prof Dr Junaidi mengucapkan selamat kepada Sumaiyah, semoga dengan keberhasilan meraih gelar sarjana, semakin banyak warga Pattani yang kuliah di Unilak.

Pada wisuda sarjana ke 66 dan magister ke 16 ini, Unilak mewisuda sebanyak 648 wisudawan/wati, dengan wisudawan sarjana strata 1 sebanyak 457 orang dan magister strata 2 sebanyak 191 orang.

Dengan rincian Pascasarjana, 191 orang, Fakultas Ilmu Administrasi 45 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 98 orang, Fakultas Teknik 58 orang, Fakultas Pertanian 41 orang, Fakultas Hukum 36 orang, Fakultas Ilmu Budaya 60 orang, Fakultas Ilmu Komputer 52 orang dan Fakultas Pendidikan dan Vokasi 33  orang.

Berita Lainnya

Index