Kampus Unilak Masuk Klaster Utama Perguruan Tinggi Yang Diumumkan Kemendukbud DIKTI

Kampus Unilak Masuk Klaster Utama Perguruan Tinggi Yang Diumumkan Kemendukbud DIKTI

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM -- Eksistensi Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak) sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Riau saat ini kembali mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendidikan, kabar terbaru kampus yang berada di pusat kota Pekanbaru berhasil mendapatkan prestasi tingkat nasional. Dimana Unilak Riau berhasil naik peringkat ke klaster utama Perguruan Tinggi (PT) yang didasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan DIKTI.

Pengumuman tersebut diumumkan dalam Surat Keputusan Kemendikbud Ristek, pada Rabu (08/03/2023) lalu. Penetapan disahkan oleh Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada masyarakat melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023 tentang penetapan klasterisasi perguruan tinggi berdasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Di dalam SK tersebut berisi daftar perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik dan perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi pada klaster mandiri, utama, madya dan pratama.

Wakil Rektor I Unilak Bidang Akadamik Dr Zamzami.M.Kom yang dikonformasi pada Minggu, 19/03/2023, merasa senang, den mengucapkan selamat untuk LPPM Unilak, dan seluruh dosen yang telah bekerja keras untuk melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

"Unilak berhasil naik peringkat ke Klaster Utama, salah satu penilaian hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis Sinta. Kita apresiasi kinerja penelitian dan pengabidan dosen Unilak, ini membuktikan bahwa pengabdian dosen kepada masyarakat memberikan manfaat langsung ke mereka dan juga ke Insititusi( Unilak) dengan naik peringkat ke klaster utama ini maka yang menguntungkan/mendapatkan manfaat itu juga adalah masyarakatnya, karena dengan klaster utama ini, kualitas dan kwantitas kegiatn penelitian dan pengabdian akan semakin meningkat. Ucap Zamzami.

Sementara itu Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma SH.M.Pd yang datang ke Pekanbaru berapa waktu lalu menyebutkan, di lingkup LLDIKTI Wilayah X meliputi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri. Ada 8 PTS penyelenggara pendidikan akademik, yaitu Institut Teknologi Padang, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, Universitas Bung Hatta, Universitas Hang Tuah Pekanbaru, Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas PGRI Sumatera Barat, dan Universitas Riau Kepulauan masuk klaster utama. Dan 2 PTS penyelenggara pendidikan vokasi yang masuk klaster utama, yaitu Politeknik Caltex dan Politeknik Kampar.

"Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2019 hingga 2021. Selamat untuk Unilak" ucap Afdalisma.

Berita Lainnya

Index