Rektor Unilak Prof Dr Junaidi Bayar Zakat di Baznas, Zakat Untuk Kemaslahatan Umat, Dunia dan Akhira

Rektor Unilak Prof Dr Junaidi Bayar Zakat di Baznas, Zakat Untuk Kemaslahatan Umat, Dunia dan Akhira

PEKANBARU,RIAUREVIEW.COM -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau pada hari Senin, 3 April 2023 menerima zakat Gubernur, Wakil Gubernur dan pejabat pemerintah, BUMN dan Rektor Universitas serta masyarakat Riau di Balai Pauh Janggi gedung daerah komplek kediaman gubernur di jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru. 

Acara di buka langsung oleh Drs. H. Syamsuar, M.Si selaku gubernur provinsi Riau, dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa ini merupakan arahan dari Presiden Republik Indonesia untuk bersinergi denga BAZNAS  untuk dapat menyelesaikan kemiskinan ekstream yang ada di daerah. "Karena arahan langsung dari Bapak Presiden melalui zakat ini di harapkan dapat membantu program pemerintah dalam rangka menuntaskan kemiskinan ekstream, sesuai dengan harapan pemerintah pada tahun 2024 nol persen" katanya

Rektor Unilak Prof Dr Junaidi yang turut hadir sejak pagi usai pertemuan langsung menunaikan zakat mal. Dipandu langsung oleh ketua Baznas Riau  H. Masriadi Hasan, Lc.,M.Sha. Pembayaran zakat mal berlangsung cepat dan lancar.

"Kami mendorong masyarakat untuk menyalurkan zakat kapada Baznas Riau atau pun Baznas kabupaten/kota.  Zakat selain berfungsi sebagi pembersih dan atau pensuci harta, zakat juga dapat menumbuh kembangkannya, sehingga pelaku zakat (muzakki) akan terbuka baginya pintu-pintu rezeki. Zakat untuk kemaslahatan umat, dunia dan akhirat, " ucap Prof Dr Junaidi.

Dijelaskan Prof Dr Junaidi di Unilak kami juga melakukan sosialisasi kepada dosen dan pegawai Unilak untuk ikut aktif melakukan pembayaran zakat dengan sistem payrol. Semoga dengan sistem ini (payrol) semakin meningkatkan dan kemudahan dosen dan pegawai untuk bayar zakat. 

Ketua BAZNAS Provinsi Riau H. Masriadi Hasan, Lc.,M.Sha menyampaikan bahwa sinergi antara pemerintah bersama BAZNAS Provinsi Riau selama ini telah memberikan dampak yang luar biasa bagi peningkatan pengumpulan zakat.

"Dari awal pengumpulan BAZNAS Riau setahun hanya bekisar 18 milyar dengan adanya surat edaran dari gubernur Riau yang awalnya kita targetkan pengumpulan kita 35 milyar setahun namun berkat ghiroh masyarakat Riau dalam berzakat BAZNAS Riau dapat menghimpun zakat sebesar 39 milyar sepanjang tahun 2022"

BAZNAS Provinsi Riau menyediakan 9 konter pembayaran zakat untuk memberikan layanan pembayaran zakat dalam acara ini.Sistem  pembayaran selain menerima pembayaran tunai BAZNAS Provinsi Riau juga mengandeng Bank Riau Kepri Syariah dalam kegiatan ini, sebagai penyedia layanan pembayaran non-tunai, dengan menggunakan sistem pembayaran QRIS. 

Setidaknya ada 29 orang yang berzakat secara langsung. Pengumpulan sementara sebesar Rp 305.203.000, menurut keterangan Kepala Bagian Pengumpulan BAZNAS Provinsi Riau saudara Ade Kurniawan, SE, bahwa pengumpulan tahun ini lenih tinggi jika di bandingkan dengan tahun lalu yang hanya sebesar Rp 106 juta saja.

Berita Lainnya

Index